7 Langkah Perawatan Resort agar Bebas Lumut dengan Cepat

Bagaimana trik perawatan resort agar bebas dari serangan hama, khususnya lumut? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini.

Resort adalah salah satu bangunan yang biasanya ditujukan untuk tujuan rekreasi. Resort disewakan untuk pelancong yang ingin menghabiskan waktu bersama bersantai dan juga bersenang-senang. Di Indonesia, khususnya di daerah wisata, terdapat banyak resort yang berkembang. Bagi masyarakat setempat, tentu usaha ini bisa memberikan keuntungan tersendiri.

Namun tentu akan lebih baik bila pengelolaannya pun dilakukan dengan standar yang baik. Tantangan pengelolaan resort sendiri sangat beragam. Salah satu yang harus diwaspadai adalah serangan hama seperti lumut. Lokasi bangunan di dekat sungai, sawah, hutan, danau, hingga gunung membuat furniture, aksesori, hingga rangka kayu bangunan sangat rentan dirusak oleh lumut.

Pertama-tama, hanya estetika produk yang terlihat buruk. Namun tumbuhnya lumut juga bisa merusak produk terkait. Permukaan licin pada lantai dan dinding juga bisa menimbulkan masalah tersendiri bagi para penyewa.

Nah, di kesempatan ini kami di antijamur.net akan membagikan 7 tips untuk merawat resort Anda agar bebas lumut. Tips ini juga berlaku untuk perawatan gedung yang lain seperti vila, hotel, restaurant, dan lain sebagainya.

perawatan resort

7 Tips Perawatan Resort agar Bebas Lumut

Pengecatan pada Semua Kayu dan Batu

Kami sering mendapati perabot, dinding batu, hingga footsteps yang tidak dicat. Padahal, permukaan semua produk itu sangat rentan ditumbuhi jamur atau lumut. Kotoran dan spora lumut bisa menempel di permukaan benda, dan dengan kelembaban yang tinggi, akan tumbuh lumut dalam jumlah tidak sedikit.

Padahal, pengecatan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Pengecatan juga bisa dilakukan dengan pilihan warna beragam. Stone coating, misalnya, ada yang menawarkan tampilan transparan natural dengan kilau rendah, ataupun yang kilaunya tinggi. Dengan aplikasi cat atau coating seperti ini, potensi lumut bisa direduksi secara signifikan.

 Perawatan Resort dengan BioCide SFP

Tips pertama perawatan resort agar bebas lumut di atas adalah langkah awal yang bagus. Namun akan lebih baik lagi, bila cat dan coating yang digunakan tidak hanya cat dan coating biasa. Untuk pencegahan serangan hama lumut, diperlukan cat dan coating yang mengandung zat antihama. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan BioCide Surface Film Preservative.

alterntif text

BioCide Surface Film Preservative adalah produk anti lumut sekaligus antijamur. BioCide SFP bisa dicampurkan pada bahan finishing water based dengan tujuan agar lapisan coating menjadi sangat tahan lumut. Selain itu, produk ini juga bisa digunakan untuk pembasmian lumut yang sudah terlanjur tumbuh.

Kelebihan BioCide SFP secara ringkas terangkum sebagai berikut:

1. Produk ini mudah digunakan
2. Sangat efektif memberikan perlindungan
3. Bisa dipakai sebagai antilumut sekaligus antijamur
4. Hemat, cukup digunakan sebanyak 0,5 hingga 3% saja pada bahan finishing
5. Harga terjangkau dibanding kualitas yang sangat baik
6. Lebih aman dan ramah lingkungan
7. Tidak menyebabkan kegagalan finishing dan efek sejenis

Refinishing atau Pengecatan Ulang

Lapisan cat yang diaplikasikan sehingga menutup permukaan produk kayu dan batu memang akan memberikan perlindungan ekstra. Namun lapisan ini pada akhirnya akan mengalami kerusakan. Sering ditemukan lapisan cat yang mengelupas atau bahkan luntur seiring berjalannya waktu.

Oleh sebab itulah, refinishing atau pengecatan ulang harus dilakukan. Pengecatan ulang ditentukan menurut saran penggunaan produk. Ada produk cat yang bisa bertahan hingga 1 tahun, 6 bulan, dan lain sebagainya. Untuk produk cat indoor, ketahanannya memang sangat lama. Namun tidak demikian dengan cat outdoor, sehingga produk outdoor harus dicat ulang secara rutin.

Pembersihan sebagai Kunci Perawatan Resort

Salah satu penyebab tumbuhnya lumut adalah karena kebersihan yang kurang. Spora jamur hanya bisa tumbuh bila ada sumber makanan yang berasal dari debu-debu di sekitarnya. Karenanya, rajinlah untuk melakukan pembersihan.

Pembersihan perlu dilakukan secara rutin dan teratur. Terapkan pembersihan secara harian untuk tingkat ringan, pembersihan mingguan untuk tingkat yang lebih detail, dan pembersihan bulanan yang dilakukan dengan benar-benar cermat. Tips perawatan resort agar bebas lumut ini terkesan sepele, namun sangat krusial diterapkan.

stone coating tahan lumut

Perawatan Kayu dengan Poles yang Bagus

Agar perlindungan antihama semakin kuat, kita juga bisa mengandalkan poles kayu seperti Biopolish. Produk seperti Biopolish biasanya mengandung anti bacterial yang bisa digunakan untuk membasmi spora lumut. Produk seperti ini bisa diaplikasikan pada furniture indoor, hiasan, garden furniture, pagar, dan perabot lainnya yang terbuat dari kayu. Selain bisa memberikan perlindungan anti lumut, Biopolish juga bisa membuat produk terlihat lebih indah dan juga terawatt.

Meminimalkan Kelembaban

Tips perawatan resort agar bebas lumut yang kami sarankan berikutnya adalah meminimalisir kelembaban. Bila kotoran adalah sumber makanan untuk hama lumut, maka kelembaban yang tinggi adalah sumber air untuk hama tersebut.

Memang tidak mudah meminimalisir kelembaban. Apalagi di luar ruangan. Namun ada beberapa hal yang bisa kita upayakan sebagai berikut:

1. Pertama, cobalah untuk memangkas rumput di area sekitar footsteps atau garden furniture.
2. Terapkan sistem ventilasi yang baik di ruangan-ruangan yang lembab.
3. Gunakan penyerap kelembaban seperti container desiccant di gudang makanan dan ruangan sejenis
4. Potong dan atur tanaman merambat secara berkala. Jangan sampai terlalu rimbun dan menyebabkan area yang dirambatinya terlalu lembab.
5. Di kamar mandi, atur agar sistem aliran airnya bagus sehingga tidak membuat kamar mandi menjadi becek

Inspeksi

Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk identifikasi hama di area sekitar resort. Beberapa area yang harus diwaspadai antara lain adalah taman, daerah dekat kolam renang, kamar mandi, dapur, hingga dinding di belakang tembok.

Beberapa orang mungkin merasa kehadiran lumut di taman justru menambah keindahan. Dan kami pun tidak menyangkal hal ini. Hanya saja, pastikan tumbuhnya lumut tersebut tidak sampai menyebabkan kerusakan dan mengganggu para pengguna resort.

Kami Sedia BioCide Surface Film Preservative untuk Perawatan Resort agar Bebas Lumut

Kami menyediakan produk antilumut, BioCide SFP! Produk ini sengaja kami sediakan untuk mendukung industri pariwisata Indonesia agar lebih baik lagi. BioCide Surface Film Preservative juga sudah diandalkan pelaku usaha sejenis lho. Produk kami telah menjadi andalan untuk perawatan gedung hotel, arsip, warung makan, dan lain sebagainya.

Yuk, Beli Produk untuk Perawatan Resort agar Bebas Lumut!

Yuk, dapatkan produk ini sekarang juga! Anda bisa membelinya secara daring atau secara langsung. Pembelian secara daring bisa dilakukan dengan menghubungi CS kami. Atau, bila Anda tertarik memeli secara langsung, Anda bisa langsung berkunjung ke Bio Service Point.

Kiranya, demikianlah informasi yang bisa kami bagikan di kesempatan kali ini. Perawatan resort agar bebas lumut memerlukan langkah-langkah yang terintegrasi. Kita perlu melakukan coating bebas lumut, membersihkan secara berkala, sampai meminimalisir kelembaban sebisa mungkin.

Dengan cara yang tepat, resort pasti akan lebih indah dan tidak licin akibat serangan lumut. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Jangan lupa untuk terus mengikuti berbagai informasi dan tips menarik lainnya di antijamur.net.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn