Hindari Pelapukan Kayu Dengan Obat Anti Jamur BioCide

Kayu merupakan material alam yang sangat rawan terhadap berbagai serangan jamur ataupun serangga. Untuk menghindari masalah tersebut, aplikasikan obat anti jamur Biocide.

Pelapukan kayu biasanya sangat identik dengan usia kayu yang sudah sangat tua, pelapukan kayu juga disebabkan oleh faktor eksternal yang biasa muncul disaat musim hujan. Hal ini disebabkan karena kayu merupakan material alam yang mudah menyerap air sehingga kayu tersebut menjadi lembab. Keadaan kayu yang lembab bisa menyebabkan beberapa masalah diantaranya adalah pemukaan yang berjamur, berlumut atau bahkan terserang jamur.

Hindari Pelapukan Kayu Dengan Obat Anti Jamur BioCide

Masalah-masalah diatas seringkali dijumpai oleh kayu yang digunakan untuk bahan baku furniture. Untuk menghindari munculnya organisme perusak tersebut maka diperlukan obat-obatan yang efektif untuk mencegah pertumuhan jamur dan organisme lainnya. Ini cukup penting, pasalnya permukaan kayu yang sudah diaplikasikan obat seperti obat anti jamur BioCide tidak akan mudah terserang jamur.

Jamur Yang Sering Menyerang Kayu

Kayu sudah dimanfaatkan sejak ratusan tahun lalu oleh manusia bahkan sejak jamau purbakala kayu digunakan sebagai senjata. Fungsi dan kegunaan kayu sendiri sangat beragam, hal ini juga menyesuikan dengan jenis kayu yang digunakan.  Sebab jenis-jenis kayu terutama yang banyak dijumpai di Indonesia berbeda-beda, mulai dari kayu yang memiliki ketahanan dan kekuatan yang baik, kayu yang keras hingga soft wood yang biasanya banyak dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan, perabotan atau kebutuhan lainnya.

Kayu-kayu tersebut biasanya banyak dimanfaatkan pula sebagai bahan baku furniture. Bahkan hampir semua jenis furniture menggunakan material kayu. Banyaknya pemilihan kayu sebagai bahan baku furniture karena memiliki serat yang indah dan berbeda sealin itu terdapat beberapa jenis kayu yang mudah untuk diukir. Bahkan hampir seluruh penduduk dunia  memilih furniture kayu sebagai furniture yang harus diterapkan di suatu ruangan.

Furniture memang memiliki peran yang cukup penting dalam ruangan, tentu tidak hanya sebagai tempat menaruh barang atau benda maupun sebagai tempat istirahat melainkan furniture juga memiliki pengaruh yang cukup penting untuk menciptakan suasana yang berbeda pada suatu ruangan. Maka dari itu, pemilihan tipe furniture kayu juga ditentukan oleh penghuni rumah untuk menciptakan kenyamanan tersebut.

Hindari Pelapukan Kayu Dengan Obat Anti Jamur BioCide

Sayangnya, sebagian penghuni rumah kurang memperhatikan keamanan dari furniture kayu tersebut. Keamanan yang dimaksudkan bukanlah dampak penggunaan furniture kayu tersebut namun terlebih kondisi dari furniture kayu. Seperti yang telah dibahas diatas bahwa kayu merupakan material yang sangat rawan terhadap jamur. Apabila tidak diperahtikan peletakan maupun perawatannya maka furniture kayu akan lebih mudah lapuk dan bahkan tidak bisa digunakan kembali.

Nah, jamur yang seringkali menyerang furniture yang terdapat pada hunian rumah adalah jamur permukaan. Jamur permukaan dipandang tidak membahayakan namun sebenarnya jamur tersebut cukup membahayakan bagi kayu. Apabila dibiarkan saja, jamur permukaan tersebut bisa menjadi pemicu pelapukan kayu. Bahkan terdapat jenis jamur permukaan kayu yang meninggalkan bau menyengat dan sulit untuk dihilangkan, alhasil furniture tersebut tidak bisa digunakan kembali.

Lalu bagaimana cara agar jamur permukaan tersebut tidak mudah menyerang furniture kayu? Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

  1. Pastikan sirkulasi udara dalam ruangan cukup

Sedikit orang yang memperhatikan sirkulasi udara dalam rumah sehingga membuat ruangan tersebut menjadi lembab. Pastikan ruangan Anda memiliki ventilasi udara yang cukup atau seringlah membuka jendela maupun pintu. Udara yang segar akan jauh lebih sehat bagi penghuni rumah sehingga penghuni rumah bisa melakukan aktivitas dengan nyaman.

  1. Pencahayaan Yang Cukup

Yang tidak kalah penting selain sirkulasi udara adalah dengan memberikan pencahayaan yang cukup. Pencahayaan ini tidak harus langsung matahari melainkan pantulan cahaya matahari saja. Hal ini cukup karena bisa membuat molekul air di udara cukup berkurang. Keadaan molekul air di udara yang tinggi menyebabkan ruangan menjadi lembab sehingga rawan munculnya jamur atau organisme lainnya.

  1. Taruh penyerap kelembaban ruangan

Jika lahan rumah Anda antar tetangga Anda cukup sempit maka Anda bisa mengaplikasikan penyerap kelembaban udara. Pasalnya, lahan yang sempit atau berhimpit-phimpitan pada umumnya membuat ruangan lebih sempit dan sirkulasi udara yang tidak cukup sehingga memungkinkan ruangan menjadi lebih lembab terutama disaat musim hujan.

  1. Aplikasikan Poles Kayu

Pengaplikasikan poles kayu ini dilakukan sebagai langkah perawatan furniture. Ya, perawatan furniture tidak hanya membersihkan furniture dari debu saja melainkan juga dengan mengaplikasian poles kayu yang bertujuan sebagai peremajaan furniture. Dengan poles kayu, tampilan furniture akan terlihat lebih cemerlang dan tidak mudah kusam. Bahkan poles kayu juga melindungi permukaan kayu dari berbagai organisme perusak seperti jamur maupun bakteri.

  1. Aplikasikan Obat Anti Jamur

Pengaplikasian pembasmi jamur seperti obat anti jamur BioCide ini hanya berlaku disaat furniture Anda mulai terserang jamur. Pada umumnya, spora jamur sudah menempel pada permukaan furniture yang pada akhirnya tumbuh menjadi jamur. Meskipun jamur akan hilang sementara dengan di lap kain kering, namun jamur tersebut akan muncul kembali. Maka dari itu, aplikasi obat anti jamur tersebut bertujuan untuk membasmi hingga bagian akar jamur.

Obat Anti Jamur BioCide Efektif Membasmi Jamur Permukaan

Perawatan furniture sangat mempengaruhi kualitas baik dari segi tampilan maupun ketahanan kayu tersebut. Sebab perawatan yang tepat akan melindungi kayu agar terjaga dan terlindungi dari berbagai organisme perusak yang seringkali menyerang jamur. Namun, apabila langkah-langkah perawatan sudah dilakukan secara rutin namun tetap saja jamur menyerang maka langkah terakhir adalah dengan mengaplikasikan obat anti jamur.

Atasi Jamur Perusak Subtrate Kayu Dengan Obat Anti Jamur AmanObat anti jamur yang banyak dijumpai dipasaran  biasanya mengandung kandungan bahan kimia yang tinggi sehingga sangat tidak ramah lingkungan. Anda bisa memilih menggunakan obat anti jamur yang ramah lingkungan yakni obat anti jamur BioCide Film Surfece Presevative. Obat anti jamur ini sangat cocok untuk membasmi jamur seperti jamur permukaan yang sering menyerang furniture kayu.

Obat anti jamur ini mengandung bahan aktif yang mampu membasmi jamur hingga bagian akar sehingga furniture kayu diaplikasikan pembasmi jamur ini dipastikan tidak mudah terserang jamur kembali. Cara aplikasi obat anti jamur ini cukup sederhana, sebab Anda bisa mengaplikasikannya dengan berbagai cara seperti oles, semprot maupun injeksi. Dan bagi Anda yang memiliki usaha kayu, Anda bisa menggunakan obat anti jamur ini dengan cara rendam maupun vakum tekan sebagai pencegahan sebelum kayu diproses menjadi berbagai pola.

Kenapa obat anti jamur ini jauh lebih ramah lingkungan daripada produk obat anti jamur lainnya? Sebab, Anda tidak perlu mencari bahan campur seperti bensin atau solvent lainnya, sebab BioCide Film Surface Preservative ini bisa dicampurkan dengan air. Namun, perlu diingat adalah meskipun obat anti jamur ini ramah lingkungan dan lebih aman dari produk lainnya, Anda harus tetap memprioritaskan keamanan diri Anda.