Ini Bahan Penyerap Lemari Efektif Atasi Bau Pengap dan Serangan Jamur

Lemari menjadi salah satu spot yang mudah bau pengap karena selalu ditutup rapat. Anda bisa menghilangkan bau pengap tersebut dengan bahan penyerap lemari.

Lemari merupakan salah satu furniture yang memiliki peran penting bagi penghuni. Bahkan lemari sendiri juga memiliki berbagai macam fungsi dan kegunaan, hal ini tergantung dari pemilik rumah. Pada umumnya, lemari banyak dimanfaatkan untuk menyimpan pakaian, bed cover, buku, perlengkapan dapur, mainan, perabotan dan masih banyak lagi. Maka dari itu, lemari tidak bisa lepas dari suatu hunian karena kegunaannya yang sangat penting. Selain itu, keadaan ruang juga lebih efisien karena barang-barang tertata rapi di dalam rapi dan tidak berserakan di ruangan.

Singkat kata, fungsi lemari adalah untuk:

  1. Menyimpan berbagai benda dari bahan tekstil, dokumen, hingga pernak-pernik kebutuhan harian.
  2. Memperindah suatu ruangan dengan desainnya.
  3. Membuat ruangan menjadi lebih rapi karena benda-benda tak berserakan
  4. Memudahkan penghuni rumah saat mencari suatu barang
  5. Menjaga kondisi barang karena setidaknya disimpan di tempat khusus

Bahan Penyerap Lemari Atasi Bau Pengap

Melihat fungsi dan kegunaan lemari yang penting bagi hunian rumah, tentu perawatan lemari juga pentinga terutama apabila lemari tersebut terbuat dari kayu solid, kayu lapis, rotan atau serat alam lainnya. Sebab, bahan baku tersebut cukup rawan terhadap berbagai gangguan seperti jamur, serangga maupun organisme lainnya. Nah, kadangkala adapula lemari menjadi pengap karena sering ditutup rapat dan tidak membiarkan udara bergantian. Alhasi, keadaan ruang tertutup pada lemari tersebut menjadi lebih pengap. Dan jika dibiarkan maka jamur mulai menghinggapi, maka dari itu keadaan lembab pada lemari menjadi akar permasalah jamur atau organisme lainnya tersebut muncul.

Coba perhatikan jamur yang tumbuh di lemari Anda (apabila ada). Jenis jamur yang menyerang juga berlainan. Kadang jamur tersebut mudah dibersihkan, namun kadang juga tidak. Kadang jamur tersebut toksik, namun kadang juga tidak.

Terdapat beberapa jamur yang sangat toksik yang harus diwaspadai. Salah satunya adalah black mold. Black mold adalah jamur berwarna hitam yang seringkali muncul akibat kelembaban yang tinggi. Jamur ini bisa tumbuh di tembok hingga di perabot.
Black mold menghasilkan spora yang bisa berakibat serius bagi kesehatan. Dan secara umum pun, keberadaan jamur memang tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya:

  1. Jamur bisa menyebabkan reaksi alergi sangat parah bagi orang-orang tertentu.
  2. Penderita asma bisa kambuh penyakitnya
  3. Kondisi dalam lemari semakin apek sehingga benda-benda yang disimpan pun mudah rusak
  4. Memicu kedatangan hama yang lain
  5. Merusak furniture secara estetika ataupun struktural

Black mold dan jenis jamur yang tumbuh akibat kelembaban sendiri umumnya tergolong dalam kelompok jamur permukaan. Sebagaimana namanya, jamur permukaan pada awalnya hanya tumbuh di permukaan suatu benda. Mereka tumbuh pada noda yang mengandung zat organic sebagai sumber makanan. Kelembaban yang tinggi membuat pertumbuhan jamur makin pesat.

Sebetulnya, jamur permukaan mudah sekali dihilangkan apabila pertumbuhannya masih sangat awal. Akan tetapi, bila dibiarkan terlalu lama, akar jamur bisa menembus permukaan kayu dan menyebabkan pelapukan. Jamur permukaan juga sangat mudah muncul sehingga maintain atau perawatan lemari perlu dilakukan terus menerus.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jamur dan bau pengap pada lemari? Eits, tenang. Sebab Anda bisa menggunakan bahan penyerap lembab pada lemari yang bisa mengikat molekul air berlebih di udara. Tapi sebelumnya yuk kita bahas mengenai dua jenis almari dan potensinya terhadap serangan jamur dan bau pengap.

alterntif text

Lemari Jenis Apapun Rentan Pengap dan Berjamur

Jamur dan bau pengap pada lemari seperti disebut di atas tentu sangat mengganggu. Tidak hanya pada lemari saja, bahkan bau pengap juga kita jumpai pada ruang-ruang tertutup. Ya, faktor yang cukup mempengarhui bau pengap pada suatu ruang adalah keadaan ruang tersebut yang selalu tertutup. Hal ini disebabkan karena tidak diberikannya kesempatan untuk bertukar udara sehingga membuat udara dalam ruangan tersebut hanya berputar dalam ruangan. Jika hal ini dibiarkan maka bisa mengundang serangga lain untuk merusak barang-barang yang Anda simpan.

Lemari Bahan Alam Mudah Berbau Pengap?

Tak bisa dipungkiri bahwa lemari yang terbuat dari serat-serat alam seperti kayu baik kayu solid maupun kayu lapis mudah mengalami keapekan.

bahan penyerap lemariApalagi kayu merupakan material yang sangat mudah menyerap lembab. Keadaan lembab ini juga dipengaruhi keadaan ruang tersebut, apabila ruang yang didalamnya terdapat lemari tersebut lembab maka juga berpengaruh pada lemari maupun perabotan sekitarnya. Keadaan lembab ini berdampak buruk pada lemari, selain menimbulkan bau pengap juga bisa memunculkan jamur permukaan yang cukup membahayakan.

Lantas bagaimana dengan lemari non bahan alam? Saat ini di pasaran tersedia sangat banyak almari dari bahan plastik dan bahan sintetis yang lain. Harga almari plastik umumnya lebih murah sehingga menjadi pilihan ekonomis bagi banyak orang.
Pertanyaannya, apakah bahan penyerap lemari juga diperlukan pada almari plastik? Jawabannya iya. Betul, bahan plastik memang tidak dimakan jamur sebagaimana kayu. Plastik terbuat dari polimer sintetis yang tidak dapat dicerna organisme. Namun demikian, jamur tetap bisa tumbuh di permukaan plastik yang kotor dan lembab. Kadang jamur juga tumbuh bukan di lemari, namun pada barang-barang yang disimpan di lemari! Nah lho, malah merepotkan bukan?

Oleh karena itulah, diperlukan juga solusi pada lemari plastik. Sebab lemari seperti ini pun rentan terhadap bau apek dan serangan jamur.

Solusinya adalah Bahan Penyerap Lemari Atasi Bau Pengap

Bau yang pengap pada lemari biasanya disebabkan oleh dua faktor diatas yakni lemari yang tertutup dan keadaan ruang yang lembab. Apabila Anda rutin menaruh pengharum ruangan, cukup membantu untuk mengurangi bau yang menyengat terutama lemari yang sering ditutup. Namun, ternyata hal tersebut kurang efisien untk menghilangkan bau, mengurangi molekul air maupun jamur menyerang.

Cara yang paling efektif untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada lemari adalah dengan menaruh bahan penyerap lemari seperti dessicant pole dan silica.

Dessicant Pole Efektif Hilangkan Bau Pengap

Dessicant pole merupakan penyerap kelembaban yang sangat efektif untuk mengurangi kelembaban udara. Bahkan dessicant pole juga sangat efektif untuk menghilangkan bau apek yang disebabkan karena kurangnya sirkulasi udara. Bahan penyerap lemari ini dipastikan aman karena terbuat dari kombinasi chemical absorbent, bahkan bisa digunakan untuk menyerap kelembaban pada ruang yang bersentuhan langsung dengan makanan seperti lemari makan.

Dessicant Pole cocok untuk almari besar atau untuk area gantungan lemari. Misalnya di tempat di mana baju-baju digantungkan atau pada sebuah ruangan almari luas. Anda tinggal menggantungkannya saja di situ dan diganti ketika sudah jenuh.

Catatan penggunaan: Lemari jangan dibuka-tutup apalagi dibuka terus-menerus setelah diberi bahan penyerap lemari ini. Dessicant bersifat menyerap molekul udara. Ketika kita membuka-tutup lemari terlalu sering, udara lembab dari luar bisa masuk sehingga dessicant pole cepat jenuh. Akibatnya Anda harus terlalu sering mengganti produk ini.

Silica untuk Ruangan Kecil

bahan penyerap lemari

Silica gel yang aman Silica Gel Natural

Selain lemari berukuran besar (terutama bagian dalamnya), banyak juga almari yang terbagi dalam kompartemen atau bagian-bagian kecil. Misalnya, lemari untuk menyimpan benda koleksi seperti tas, sepatu, kacamata, dan lain sebagainya.
Beberapa bagian almari biasa juga memiliki semacam rak kecil untuk menyimpan pakaian dalam. Area yang sempit seperti ini jelas tak bisa dimasuki oleh dessicant pole. Oleh sebab itulah, untuk penyerap kelembaban ruangan kecil, kami sarankan menggunakan Silica.

Silica tersedia dalam bungkusan kotak yang isinya butiran penyerap kelembaban kecil. Anda bisa meletakkan 2-5 bungkus silica pada tiap bagian almari tergantung luasnya. Dan sama seperti desiccant, silica juga bisa jenuh ketika sudah terlalu banyak menyerap kelembaban. Karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering membuka-tutup almari atau membukanya terlalu lama.

Soal pergantiannya sendiri Anda tak perlu khawatir, sebab baik silica atau container desiccant bukanlah benda mahal.

Beli Bahan Penyerap Lemari di Sini!

Tunggu apa lagi? Ayo, beli dan dapatkan penyerap kelembaban di sini. Anda bisa membeli produk ini dengan cara yang sangat mudah. Pembelian bisa dilakukan secara daring ataupun secara langsung. Pembelian secara daring bisa dilakukan dengan menghubungi kami via Customer Service atau ke online shop yang menjual produk kami. Untuk pembelian via CS, Anda bisa langsung memesan lewat email atau telepon. Sedangkan pembelian via online shop tentu tergantung prosedur yang berlaku di tiap online shop.

Bagaimana dengan pembelian secara langsung? Pembelian secara langsung untuk silica dan desiccant bisa dilakukan langsung di Bio Service Point yang berlokasi di beberapa kota. Silahkan hubungi CS kami bila Anda ingin membeli secara langsung. Supaya, CS bisa menginfokan alamat Bio Service Point atau agen kami yang terdekat.

Keunggulan Produk Bahan Penyerap Lemari Kami

  1. Kedua bahan yang kami sediakan, baik itu silica ataupun Be Dry Container Desiccant aman digunakan. Apalagi silica kami merupakan silica natural yang diambil dari mineral alam dan diseleksi secara ketat.
  2. Harga terjangkau sehingga cocok untuk Anda gunakan. Apalagi untuk mereka yang memiliki hobi koleksi dengan banyak benda yang harus disimpan.
  3. Selalu tersedia untuk kebutuhan Anda jangka panjang, termasuk untuk kebutuhan industri dan usaha lainnya
  4. Mudah digunakan
  5. Bekerja sangat efektif dan sudah teruji di lapangan.

Kurang lebih itulah yang bisa kami jelaskan mengenai bahan penyerap lemari untuk atasi jamur dan juga bau penyap. Ada beberapa poin yang bisa kita rangkum sebagai berikut.

  1. Lemari memiliki beragam fungsi yang meski sepele namun ternyata sangat vital untuk kebutuhan kita.
  2. Sayangnya, furniture ini rentan terhadap bau apek dan juga jamur. Kedua masalah ini umumnya muncul karena ventilasi lemari yang tidak ada atau karena kelembaban ruangan yang tinggi yang memengaruhi kondisi interior almari.
  3. Baik lemari kayu ataupun plastik, sama-sama rentan terhadap masalah apek dan jamur. Serangan jamur sendiri selain bisa merusak produk yang disimpan, juga bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi penghuni umah.
  4. Untuk mengatasi masalah bau apek dan jamur di lemari, kami menyediakan dua bahan penyerap lemari untuk Anda. Keduanya adalah container desiccant Be Dry dan Silica.
  5. Silica bisa digunakan untuk humidity absorber di ruang lemari yang sempit. Sedangkan Desiccant untuk penyerap kelembaban di kompartemen almari yang luas.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn