Cara Agar Gazebo Awet dari Jamur

Cara Agar Gazebo Awet Dari Jamur

Salah satu hal yang harus mampu Anda jawab ketika memiliki gazebo adalah pertanyaan “Bagaimana cara agar gazebo awet dari jamur?” Pasalnya, serangan jamur sangat masif pada jenis bangunan yang biasanya terbuat dari kayu dan bambu ini. Perubahan cuaca ekstrim, paparan hujan langsung, dan tingginya kelembaban udara di malam dan pagi hari membuat jamur sangat mudah tumbuh. Apalagi ditambah fakta bahwa gazebo terbaut dari material organik yang pada dasarnya memang mengandung banyak nutrisi yang diperlukan jamur untuk tumbuh. Karena itulah mencegah serangan jamur pada gazebo adalah suatu keharusan untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Di bawah ini dijelaskan cara agar gazebo tidak mudah rusak diserang jamur.

Dua Cara Agar Gazebo Awet dari Jamur

Penggunaan Batu Taman

Tingginya kadar air di udara atau kelembaban adalah salah satu faktor tumbuhnya jamur pada gazebo. Salah satu sumber kelembaban tersebut adalah tanah. Ketika suhu udara sedang dingin seperti saat malam dan pagi hari, tanah seringkali mengeluarkan uap air dari dalamnya. Bila dibiarkan terus menerus hal ini akan berakibat material gazebo yang lapuk dan mudah ditumbuhi jamur terutama di bagian bawahnya. Untuk mencegah kondisinya memburuk, tambahkan batu taman di atas gazebo. Anda juga bisa menggunakan lantai conblok atau material sejenis untuk fungsi serupa.

Pengawetan Antijamur Material Gazebo

Tumbuhnya jamur pada kayu dan bambu tak lepas dari kandungan nutrisi pada kedua substrat tersebut. Dengan kata lain, apabila kita tidak ingin kayu dan bambu diserang jamur, maka nutrisinya harus dihilangkan, dimodifikasi, atau dibuat menjadi beracun. Penggunaan bahan pengawet yang bagus seperti Microcide 100 EC akan membuat kayu menjadi beracun. Sehingga material tersebut akan lebih tahan terhadap jamur.

Finishing

Proses finishing akan memberikan proteksi pada kayu dan bambu yang digunakan sebagai bahan baku gazebo. Pilihlah cat atau bahan finishing yang dibuat untuk keperluan ruangan, sehingga perlindungan yang diberikan lebih maksimal dan tahan lama. Anda bisa menggunakan BioColours Biopolyture untuk warna gazebo natural dan Orchid Enamel Paint untuk warna gazebo solid seperti merah, putih, hijau, dst. Agar perlindungan yang diberikan makin baik, tambahkan antijamur yang dapat dicampur ke dalam cat, yakni Film Preservative FPR36.

Perawatan Secara Berkala

Lakukan perawatan secara berkala untuk membersihkan gazebo dari kotoran sekaligus mengecek apabila terdapat kerusakan. Lakukan pengecatan ulang pada gazebo setidaknya 6 bulan sekali.

Informasi dan Pemesanan

Dapatkan berbagai produk yang kami rekomendasikan di atas dengan cara pemesanan via kontak +6227-438-8301 atau +6287839346433. Semoga bermanfaat.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.