Pengobatan Pelapukan Kayu Pada Bangunan Bersejarah

Pelapukan kayu kering atau dry rot adalah pembusukan kayu yang disebabkan oleh jamur serpula lacrymans, yang efeknya di bangunan bisa sangat berbahaya. Semua jamur kayu pembusuk membutuhkan makanan (kayu atau bahan selulosa lainnya) dan air, dan jamur pembusuk kering (dry rot fungus) tidak terkecuali.

Sebagian besar bahaya dry rot didasarkan pada kemampuannya untuk menembus bahan bangunan non-kayu, untuk mengangkut air ke daerah yang kering agar  jamur dapat hidup. Pada kenyataannya, hifa yang halus adalah penjajah utama dan kemampuan untuk melakukan bertahan dikadar air terbatas dan dapat dihilangkan dengan ventilasi yang baik.

Proses pembusukan kayu itu sendiri menghasilkan air tapi dalam hal ini dry rot tidak berbeda dengan jamur pembusukan kayu lainnya, dan juga kemampuannya untuk menghasilkan kelembaban dengan cara ini dapat dihilangkan dengan sirkulasi udara yang bagus. Pelapukan kayu yang menyerang bangunan akan berhenti jika kadar air kayu berkurang sampai di bawah sekitar 20 persen, dan akan punah, jamur tersebut terbasmi akibat terjadinya kelembaban yang turun. Baca lebih lanjut tentang Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Jamur Kayu.

STRATEGI KONTROL

Karena ketergantungan total jamur pembusuk kering pada kelembaban, strategi pengendalian utama harus didasarkan pada pertimbangan lingkungan yang bertujuan untuk memulihkan dan mempertahankan kondisi kering. Namun, dalam banyak kasus pengeringan akan memakan waktu lama. Oleh karena itu, tindakan sederhana seringkali diperlukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut oleh jamur.

TINDAKAN PENGENDALIAN UTAMA

Survei terperinci harus dilakukan untuk mengidentifikasi dan menemukan sumber masuknya kelembaban. Perhatian khusus harus diberikan pada sistem atap dan air hujan dengan penekanan pada selokan, atap parapet dan penutup atap. Meningkatnya kelembaban melalui atap yang rusak, harus diperbaiki. Setiap pipa ledeng juga harus diperiksa apakah ada kebocoran.

Pengeringan cepat harus didorong melalui pemberian pemanasan dan ventilasi yang mungkin juga memerlukan pekerjaan bangunan khusus untuk mencegah masuknya uap air, dan untuk mendorong aerasi. Alat penyebab lembab seperti silica gel dapat menghilangkan kelembaban udara namun efektivitasnya dalam membantu pengeringan dinding bergantung pada laju penguapan dari permukaan dinding.

TINDAKAN LAINNYA

Menilai wabah jamur pembusuk pada kayu bangunan

Hal ini diperlukan untuk menentukan seberapa jauh jamur pembusuk kering (dry rot fungus) telah menyebar. Semua kayu di sekitar wabah harus diperiksa secara hati-hati untuk menilai tingkat kerusakan dan kadar air kayu.

Melepaskan kayu yang terkena jamur

Pelepasan semua kayu yang terkena pembusuk kering memang sulit namun diperlukan. Mempertahankan kayu yang terkena dampak menimbulkan masalah karena puing-puing yang jatuh dapat menjadi bahaya bagi penghuni jika terjadi pelapukan berat. Kayu yang sudah di bawah kandungan air 20 persen mengandung sedikit risiko pelapukan lebih lanjut, namun pada kadar air yang lebih tinggi, tingkat risiko bergantung pada kecepatan pengeringan yang dapat dilakukuan dan kemudahan pemantauan kadar air.

Jika kayu bisa dilepas, bisa disterilkan dengan teknologi kiln dry. Suhu di seluruh kayu harus dijaga pada suhu di atas 40 ° C selama 15 menit. Perawatan diperlukan untuk mencegah pembelahan dan distorsi dan metode ini tidak memberikan perlindungan terhadap kayu setelah dipulihkan. Tindakan bangunan khusus diperlukan jika kayu ingin dipertahankan, termasuk isolasi dari batu bata basah.

Perawatan dengan pengawet kayu

Bahan pengawet kayu cair dapat diaplikasikan pada permukaan kayu bekas untuk membantu mencegah infeksi baru yang berkembang selama proses pengeringan. Jika kayu yang terinfeksi harus membutuhkan waktu lama dalam pengeringan, perawatan pengawet kayu  yang dapat menembus seluruh bagian kayu yang terkena jamur dapat digunakan. Sebagai contoh:

  • aplikasi bahan pengawet kayu dengan dikuaskan ke seluruh permukaan kayu.
  • penambahan pengawet cair berulang ke lubang yang dibor ke kayu atau dengan injeksi tekanan.

Untuk kayu keras, sebaiknya digunakan juga pengawet antiserangga. Oleh karena itu diperlukan dua jenis bahan pengawet kayu, yakni obat pengawet kayu anti jamur atau fungisida, serta pengawet kayu anti serangga atau insektisida. Rekomendasi obat anti jamur kayu untuk bangunan ialah produk BioCide Fungicide, aman dan ramah lingkungan. Cek selengkapnya di sini.

Semua kayu baru yang digunakan dalam perbaikan harus diolah dengan pengawet kayu. Panduan terperinci mengenai perlakuan yang diperlukan untuk berbagai komponen kayu dapat Anda temukan di website ini.

Atau, untuk gambaran singkatnya, silahkan simak tabel di bawah ini.

Tabel Treatment Pengawetan untuk Bangunan

Jenis Treatment Penjelasan Cara
Treatment antihama pra finishing Diterapkan sebelum bangunan selesai dibangun. Proses pengendalian hama dimaksudkan untuk membasmi hama di area bangunan. Digunakan obat pembasmi hama di area yang diidentifikasi hamanya. Selain itu, dilakukan juga treatment pengawetan kayu untuk konstruksi yang dipakai.
Treatment pasca konstruksi Terintegrasi dalam perawatan gedung, treatment ini diaplikasikan setelah bangunan selesai dibuat. Tujuannya agar bangunan tidak diserang hama yang muncul baik dari area gedung atau area sekitar bangunan. Terdiri atas berbagai metode. Fogging anti nyamuk dan anti kecoak, aplikasi pestisida untuk rayap, sampai refinishing dengan cat yang tahan hama.

Untuk Woodworking

Tahapan Keterangan
Setelah kayu, bambu, serat alam dipanen Diberi olesan cairan antihama di area tebangan. Hal ini dilakukan sebab bahan basah yang baru ditebang sangat rentan diserang bubuk, jamur, dan rayap.
Setelah produk dipotong Direndam dalam cairan antihama. Bisa juga bahan ditaburi dengan antihama. Intinya, metodenya lebih baik dibanding tahapan awal. Sebab tahapan awal hanya dilakukan untuk pencegahan dini saja. Sedangkan pengawetan di tahap ini adalah pengawetan sebelum kayu dilepas di pasaran.
Pra finishing Biasanya dilakukan pelaku usaha mebel hingga craft.

PERAWATAN MASONRY

Meskipun dapat tumbuh melalui dan di atas batu, jamur pembusuk kering tidak menghasilkan makanan darinya. Konsep membunuh jamur di dalam masonry dengan fungisida secara tradisional telah memberikan ‘faktor kenyamanan’, namun harus dipertanyakan dalam setiap kasus apakah prosedur ini dapat dibenarkan. Pertama, biasanya sulit untuk mencapai perawatan menyeluruh dan, kedua, perawatan tersebut mengenalkan sejumlah besar air yang kemudian perlu dikeluarkan, meningkatkan risiko kerusakan dan kerusakan garam pada pasangan bata, serta memperpanjang waktu yang diperlukan untuk keringkan strukturnya

Peran terpenting perawatan kimia pada batu adalah mencegah jamur untuk mendapatkan akses ke persediaan makanan segar dalam bentuk kayu di daerah yang berdekatan dengan dinding batu. Untuk tujuan ini, perawatan kimia dengan bahan pengawet kayu dapat menciptakan penghalang yang berguna antara jamur di dinding dan kayu. Contoh perawatan tersebut adalah:

Sementara perawatan terlokalisir ini berperan dalam keseluruhan strategi pengendalian, mereka tidak boleh dianggap sebagai pengganti untuk membuat bangunan menjadi kering dan tahan jamur pembusuk kayu. Terutama pengawetan kayu yang akan digunakan sebagai renovasi atau yang masih di gunakan dan menempel di bangunan.

MONITORING

Pentingnya memantau kondisi bangunan bersejarah, atau bangunan apapun yang kondisinya sudah tua tidak bisa terlalu ditekankan. Jamur pembusuk kering berkembang sangat lambat, sehingga deteksi dini dan penyembuhan masuknya uap air akan mencegah pembusukan terjadi dalam jangka panjang. Pemantauan rutin bisa sesederhana pemeriksaan biasa untuk memeriksa bangunan terhadap masuknya uap air, dan melakukan pengukuran kadar air. Namun, sistem pemantauan permanen yang canggih sekarang semakin banyak digunakan dengan peralatan berbasis komputer yang terkait dengan probe yang dipasang secara permanen di kayu atau bagian lain dari bangunan.

Jamur pembusuk kering berpotensi menyebabkan kerusakan serius pada kayu di bangunan bersejarah, namun tidak perlu mahal untuk mengatasi asalah ini. Pendekatan diagnostik yang hati-hati diperlukan untuk mengidentifikasi dan menyembuhkan kelembaban, untuk mengobati dengan cara yang sangat selektif dan tertarget dan untuk menanamkan kembali kayu pengganti yang tepat sebelum diolah atau diganti secara alami. Selain mengatur kondisi bangunan agar tetap kering dan tidak lembab, aplikasi bahan pengawet kayu jenis fungisida ataupun insektisida sangat penting. Disinilah peran bahan pengawet kayu begitu pentingnya.

Kami Sedia Fungisida dan Penyerap Lembab Ruangan

Pengobatan pelapukan kayu pada bangunan jelas hal yang sangat penting dilakukan. Dan karena itulah, kami merinci tips yang bisa Anda terapkan di atas. Selain itu, sebagai wujud kepedulian, kami juga menghadirkan dua produk yang bisa Anda gunakan.
Kedua produk itu adalah fungisida atau antijamur dan penyerap kelembaban. Fungisida berfungsi untuk pencegahan kerusakan sekaligus untuk membasmi jamur dan lumut yang terlanjur tumbuh. Adapun, penyerap kelembaban berfungsi untuk mencegah jamur tumbuh, dan menghambat pertumbuhannya (bila sudah ada).

Fungisida BioCide

Untuk mengatasi masalah jamur, sudah pasti diperlukan fungisida yang tepat. Dan untuk kebutuhan ini, maka produk terbaik yang bisa Anda andalkan dalam pengobatan pelapukan kayu pada bangunan bersejarah adalah BioCide.

BioCide sendiri terdiri atas dua varian. Dan keduanya sama-sama bisa Anda manfaatkan.

BioCide Wood Fungicide: Antijamur Stain

  1. Deskripsi produk: fungisida untuk mencegah jamur noda atau jamur stain.
  2. Penggunaan dalam perawatan gedung bersejarah: bisa diaplikasikan pada kayu pengganti atau pada kayu lama yang sedang dirawat agar tidak terserang jamur stain.
  3. Cara pakai: Penggunaan disarankan dengan cara perendaman baik dengan atau tanpa alat vakum tekan. Penggunaan secara pengulasan kurang disarankan karena tidak bisa meresap ke substrat kayu dengan baik.

BioCide Surface Film Preservative: Antijamur dan Antilumut

  1. Deskripsi produk: fungisida untuk mencegah jamur pembusuk dan juga lumut.
  2. Penggunaan dalam perawatan gedung bersejarah: bisa diaplikasikan pada kayu dan batu yang terserang jamur dan lumut. Selain itu, produk ini juga bisa dicampur ke bahan finishing untuk treatment pencegahan.
  3. Cara pakai: Produk ini bisa digunakan dengan beberapa cara sesuai tujuan penggunaannya. Ketika digunakan sebagai pembasmi hama, kita tinggal mengaplikasikannya saja ke area bangunan (kayu atau batu) yang terkena serangan jamur dan juga lumut. Sedangkan ketika digunakan sebagai pencegah hama, kita bisa mencampurkannya pada bahan finishing yang cocok. Aplikasi finishing dapat dilakukan ketika bangunan sedang dicat ulang.

Penyerap Kelembaban Ruangan

Selain menyediakan BioCide Surface Film Preservative untuk pengobatan pelapukan kayu pada bangunan bersejarah, kami juga menyediakan penyerap kelembaban. Produk yang kami sediakan adalah Be Dry.

Penyerap Lembab Untuk Kamar

Be Dry tinggal digantungkan dalam ruangan bangunan bersejarah terkait yang ditutup. Penggunaan produk ini akan meminimalisir dan menghambat pertumbuhan jamur termasuk dry rot.
Namun produk ini tidak bisa dipakai untuk sembarang ruang. Produk ini hanya efektif digunakan untuk ruang yang tertutup rapat. Misalnya dalam ruang bawah tanah sebuah bangunan bersejarah, dan sejenisnya. Keberadaan Be Dry juga harus diganti secara berkala. Meski, untuk hal ini Anda tak perlu khawatir. Sebab, harga Be Dry tidak mahal dan kami selalu menyediakan supply untuk Anda.

Beli Produk Kami di Sini!

Dapatkan produk ini sekarang juga untuk pengobatan pelapukan kayu pada bangunan bersejarah. Anda bisa membeli produk ini dengan setidaknya 2 pilihan pembelian.

  1. Opsi pembelian online. Bila Anda sibuk dan tak bisa terlalu membuang waktu dan tenaga, beli saja produk ini secara online. Anda tinggal menghubungi kami lewat kontak yang bisa dihubungi. Pesanan Anda akan dilayani CS kami yang profesional dan ramah. Selain itu, Anda juga bisa membeli daring di berbagai online shop.
  2. Opsi pembelian secara langsung. Anda bisa membeli produk kami secara langsung dengan mengunjungi Bio Service Point. Selain bisa mendapatkan produk ini, Anda juga bisa menengok berbagai produk pengolahan kayu dan perawatan bangunan lainnya seperti anti teter dan silica.

Kerja Sama Lebih Lanjut

Kami siap bekerja sama lebih lanjut untuk supply produk untuk pengobatan pelapukan kayu pada bangunan bersejarah. Kami di Bio Industries sudah berpengalaman menyediakan produk woodworking dan perawatan gedung bangunan. Produk kami sudah digunakan perusahaan furniture, perusahaan kerajinan, hingga berbagai tempat usaha seperti restaurant, hotel, resort, dan masih banyak lagi.

Khusus untuk perawatan bangunan, BioCide SFP dan BioCide Insecticide adalah dua produk yang paling banyak dicari. Selain itu, kami juga menyediakan cat ramah lingkungan water based, lem kayu, wood bleaching, hingga antijamur stain seperti BioCide Wood Fungicide. Silahkan hubungi CS kami lebih lanjut untuk kerja sama yang saling menguntungkan.

Ringkasan

  1. Peradaban sebuah bangsa menghasilkan banyak tinggalan. Di antara berbagai tinggalan itu, terdapat beberapa bangunan tua yang memiliki nilai historis demikian penting. Contohnya saja gedung Asia Afrika, istana Indonesia di berbagai daerah, hingga berbagai candi.
  2. Perawatan bangunan bersejarah adalah hal yang penting dilakukan sehingga generasi masa depan bisa memperoleh gambaran budaya nenek moyangnya. Perawatan dilakukan dengan hati-hati supaya tidak merusak nilai bangunan tersebut.
  3. Salah satu upaya perawatan yang bisa dilakukan adalah perawatan dengan pencegahan kerusakan hama jamur. Ya, jamur, terutama dry rot menjadi ancaman demikian besar terhadap kelestarian bangunan bersejarah. Pengobatan pelapukan kayu pada bangunan bersejarah sangat wajib dilakukan.
  4. Dalam hal ini, kami menyediakan BioCide SFP yang bisa digunakan dalam proses pembasmian jamur. Selain itu, BioCide SFP juga bisa dicampurkan ke bahan finishing sekiranya akan dipakai untuk pengecatan ulang.
  5. Selain BioCide SFP, kami juga menyediakan penyerap kelembaban ruangan, Be Dry. Penyerap kelembaban seperti ini bisa menurunkan humiditas bangunan bersejarah sehingga resiko serangan jamurnya bisa diminimalisir.

Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk Anda ya. Jangan lupa untuk terus update berbagai artikel menarik yang lainnya. Kami akan terus hadir dengan kiat bermanfaat seperti tips pengobatan pelapukan kayu pada bangunan bersejarah yang dibahas di kesempatan ini.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.