Begini 5 Cara Basmi Lumut Terbukti Paling Paten dan Bisa Anda Tiru

Cara basmi lumut sebaiknya disesuaikan dengan tingkat serangan yang harus diatasi dan kebutuhan yang terkena imbasnya. Dengan demikian usaha kita mengatasi hama itu pun tidak sia-sia.

Lumut. Organisme ini bisa tumbuh di berbagai tempat yang lembab. Ia bisa muncul di dinding sumur outdoor, bangku taman, pagar, hingga dinding batu untuk rumah kita.

Beberapa orang melihat kehadiran lumut sebagai sesuatu yang indah. Warnanya yang hijau segar seakan membuat nuansa menjadi lebih syahdu dan natural. Namun demikian, bila pertumbuhannya tidak direm, lumut bisa menyebabkan:

1. Pelapukan
2. Permukaan licin yang membahayakan
3. Reaksi alergi bagi mereka yang tak tahan dengan spora

Secara estetik, kehadiran lumut juga bisa menimbulkan kesan tak terawat dan lembab. Apabila Anda memiliki usaha rumah makan outdoor, tentu kesan seperti ini membahayakan sebab bisa menurunkan rating bisnis Anda.

Lantas? Apa yang harus dilakukan?

Jawabannya jelas, kita perlu membasmi hama itu. Namun seperti apa cara pembasmiannya dan apa bahan yang diperlukan untuk membasminya tentu harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Nah, di kesempatan ini, kami akan bagikan 5 tips untuk melakukan hal tersebut.

Cara basmi lumut

5 Cara Basmi Lumut Sesuai Serangan dan Kondisinya

1. Gosok dan Cuci untuk Serangan Lumut yang Tak Banyak

Untuk serangan yang masih sedikit, Anda sebetulnya tinggal menggosok lumut saja. Silahkan gosok dengan lap atau amplas yang kasar. Setelah digosok, cucilah permukaan media tersebut. Bila bisa dipindah (misalkan bantu taman), pindahlah benda yang ditumbuhi lumut itu ke area yang kering dan panas.

Bila benda tidak memungkinkan dipindah (seperti pagar atau dinding sumur), maka cukup lakukan pengelapan saja menggunakan kertas koran atau kain yang bersih. Namun sebelumnya, bersihkan semua lumut yang digosok agar sporanya tidak menempel kembali ke permukaan benda.

Iklan Biothane utama

Cara ini harus dilakukan secara telaten seminggu atau setidaknya 2 bulan sekali untuk membasmi lumut yang umumnya muncul kembali. Sebab cara ini tidak memberikan lapisan pencegah pertumbuhan lumut. Namun kelebihannya, metode ini tidak membutuhkan biaya tambahan dan sangat mudah dilakukan.

2. Bahan Dapur untuk Serangan Lumut yang Ringan

Banyak saran di internet yang isinya tutorial dan cara basmi lumut menggunakan bahan-bahan dapur. Beberapa bahan yang paling disarankan adalah jeruk nipis, air garam, air kapur, dan cuka.

Penggunaan bahan-bahan seperti ini ada kalanya memang manjur. Namun sebenarnya:

1. Kurang efektif
2. Mahal. Anda harus membeli cuka atau jeruk nipis dalam jumlah banyak agar lumut terbasmi total

Bila Anda menyukai segala sesuatu yang organic, sah-sah saja menggunakan bahan-bahan ini. Apalagi bila serangan lumutnya belum banyak. Misal, Anda cuma mau membersihkan lumut di 1 atau 2 bangku taman. Namun lebih dari itu, cara ini tidak kami sarankan sama sekali.

3. Racun Lumut BioCide SFP untuk Serangan yang Masif

Untuk cara basmi lumut yang profesional, penggunaan racun lumut sudah seyogyanya digunakan. Racun lumut sebagaimana namanya adalah obat untuk membasmi hama ini. Bila Anda perlu membersihkan area yang luas dari hama ini baik untuk rumah pribadi atau gedung komersil (hotel, restaurant, villa, dan lainnya), obat yang kami sarankan adalah BioCide Surface Film Preservative.

BioCide Surface Film Preservative atau BioCide SFP adalah antihama untuk jamur sekaligus lumut. Sebagai obat lumut, BioCide bekerja secara spesifik mengacaukan mekanisme fotosintetis lumut. Dengan cara ini, lumut tak akan bisa mendapatkan makanan sehingga akhirnya terbasmi.

biocide sfp untuk atasi plafon rumah berjamur

Kelebihan BioCide SFP:

1. Racun spesifik sehingga tidak akan meminimalisir efeknya pada organisme non target
2. Sangat efektif
3. Cairan BioCide juga bisa meresap ke permukaan semen atau kayu dan memberikan perlindungan berkelanjutan

Untuk aplikasinya, Anda tinggal mengoleskan BioCide yang sudah dicairkan menggunakan air. Kemudian, silahkan usapkan di area yang berlumut menggunkan kuas. Jangan lupa gunakan bahan pelindung diri seperti kacamata pelindung, sarung tangan, dan juga topi.

4. BioCide SFP untuk Maintenance Anti Lumut pada Bangunan Usaha dan Publik

Pembasmian lumut juga perlu dilakukan dalam bentuk maintenance. Jadi, sebelum hama itu menyerang, kita melakukan pencegahan dulu. Pada proses inipun sebenarnya kita juga melakukan pembasmian, hanya saja yang dibasmi adalah spora atau biji dari lumut yang belum tumbuh.

Maintenance dapat dilakukan dengan menghadirkan kondisi yang tidak ideal bagi lumut. Misalnya, memastikan lingkungan tidak lembab dan kotor. Selain itu, bisa juga kita melakukan maintenance menggunakan BioCide SFP.

Racun lumut BioCide SFP memang bukan hanya bisa digunakan sebagai bahan cara basmi lumut yang efektif. Produk ini juga bisa dicampurkan ke bahan finishing untuk bangku taman, pagar, hingga dinding batu.

Pencampuran BioCide SFP ke bahan finishing tersebut membuat lapisan cat menjadi toksik pada lumut dan juga jamur. Dengan demikian, Anda tak perlu sering-sering pusing memikirkan pembasmian lumut meski tinggal di lingkungan lembab sekalipun.

5. Aplikasi Cat Outdoor

Selain memastikan supaya cat yang digunakan diberi campuran antijamur BioCide, kualitas catnya sendiri haruslah baik. Untuk proteksi terhadap anti lumut, diperlukan cat outdoor.

Cat outdoor memang lebih mahal dibanding cat indoor. Namun feature perlindungannya lebih baik. Cat seperti ini biasanya memiliki zat anti sinar ultra violet, anti kelembaban tinggi, dan anti paparan hama. Penggunaan exterior paint yang dikombinasikan dengan BioCide SFP adalah solusi basmi lumut yang sangat ampuh dan kami rekomendasikan.

Cara basmi lumut

Kami Sedia BioCide Surface Film Preservative untuk Cara Basmi Lumut yang Efektif

Kami di antijamur.net menyediakan BioCide SFP yang bisa Anda gunakan sebagai obat lumut. Produk kami telah digunakan dalam berbagai bidang usaha mulai dari restaurant, kafe, hotel, dan lain sebagainya.

BioCide menawarkan efektivitas tinggi dan spektrum organisme target yang luas. Dengan produk ini, Anda tak hanya bisa mengatasi serangan lumut semata. Anda juga bisa mengatasi hama jamur. Tipe jamur yang diatasi oleh produk ini juga beragam dari jamur eksterior maupun jamur dalam ruangan.

Jadi tunggu apa lagi? Untuk cara basmi lumut yang optimal, tidak bisa tidak Anda memerlukan BioCide SFP. Silahkan pesan produk kami di kontak CS yang disediakan atau di online shop langganan Anda. Bila Anda ingin membeli secara langsung, Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point.

Simpulan tentang Cara Basmi Lumut Sesuai Kondisi

Serangan hama lumut bisa menyebabkan pelapukan, kesan kumuh, dan licinnya suatu permukaan. Untuk usaha restauran, villa, hingga resort, wahana air, keberadaan hama seperti ini sangatlah mencemaskan.

Untuk cara basmi lumut yang sedikit dan untuk kebutuhan rumah tangga, bisa saja kita sekadar menggosok lumut atau menggunakan cuka. Namun untuk kebutuhan usaha atau untuk keperluan pembasmian yang meluas, maka kami sarankan BioCide Surface Film Preservative.

Yuk beli BioCide SFP supaya tak pusing lagi dengan lumut ataupun jamur!

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn