Awas! Garden Furniture Berjamur

Garden furniture berjamur? Mari cegah dan atasi dengan cara efektif di bawah ini!

Memaknai hidup bisa dilakukan dengan cara sederhana namun penuh arti. Contohnya saja mengatur lingkungan tempat tinggal kita untuk produk yang bisa menunjang aktivitas keluarga seperti garden furniture.

furniture garden kayu bengkirai

Keberadaan mebel-mebel di taman bisa kita manfaatkan untuk rekreasi mini saat weekend. Sore dan pagi sebelum beraktivitas pun akan jadi lebih menarik dihabiskan di taman yang ditata cantik. Tapi awas, karena diletakkan di luar ruangan, garden furniture sangat rentan mengalami kerusakan.

Guyuran hujan, panas mentari, spora jamur yang berada di mana-mana bisa menyebabkan garden furniture berjamur. Tentu tidak ada yang mau mengalami masalah ini. Pasalnya, keberadaan jamur seringkali bukan hanya membuat mebel tampak kusam, tapi juga membuatnya tak bisa digunakan dengan optimal. Bahkan kita harus waspada bila si kecil memiliki alergi khusus saat dekat dengan organisme tersebut.

Sebagian orang akan mengatasi masalah ini dengan rajin menyimpan produk tamannya tersebut ke dalam rumah. Jelas ini bukan solusi yang efisien. Agar garden furniture tidak berjamur, banyak cara lebih mudah yang bisa Anda lakukan.

Tips Menghindari Garden Furniture Berjamur

Bagi Konsumen

  1. Pilih mebel yang berkualitas dari kayu yang kualitasnya juga baik. Contohnya kayu jati dan kayu balau atau bengkirai.
  2. Bersihkan dan rawat mebel setiap hari.
  3. Lakukan finishing ulang bila lapisan cat rusak. Gunakan cat tahan jamur yang dicampur dengan BioCide Surface Film Preservative. BioCide mampu meningkatkan ketahanan cat water based dari serangan jamur.
  4. Tempatkan mebel di area taman yang paling kering. Gunakan bebatuan sebagai alas. Jangan langsung meletakkan garden furniture di rumput dan tanah yang basah.
  5. Beli penutup khusus untuk garden furniture.

Bagi Produsen dan Penjual

Selain bagi konsumen, produsen dan penjual pun perlu memperhatikan masalah ini. Jangan salah. Serangan jamur bukan hanya persoalan pelik bagi pengguna garden furniture. Produsen dan penjual produk ini bisa rugi besar bila tidak melakukan antisipasi. Berikut ini beberapa saran untuk mencegah garden furniture berjamur supaya bisnis Anda tidak gagal:

  1. Awetkan kayu yang akan digunakan untuk membuat garden furniture. Gunakan obat pengawet dari jenis fungisida, BioCide Wood Fungicide. Rendam atau olesi kayu dengan larutan obat tersebut sebelum diolah.
  2. Aplikasikan cat tahan jamur untuk outdoor. Tambahkan BioCide Surface Film Preservative yang mampu membuat lapisan cat ekstra tahan jamur.
  3. Simpan mebel yang sudah jadi di ruangan kering dan bersih.
  4. Lakukan pembersihan dan perawatan setiap hari.
  5. Bila Anda hendak mengirim produk, jangan lupa gunakan Container Desiccant Pole untuk menyerap kelembaban dalam moda transportasi tersebut.

Mengatasi Garden Furniture Berjamur

Tips di atas dilakukan sebagai langkah antisipasi. Tentu kita jadi bertanya-tanya cara mengatasi mebel yang sudah terlanjur berjamur.

Ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan. Cara yang kita pilih sebaiknya ditentukan berdasarkan jenis serangan jamur dan seberapa parah jamur tersebut sudah menyerang.

Mengatasi Jamur Blue Stain

kayu-pinus-blue-stain

Iklan Biothane utama
Blue stain

Sebenarnya kita tidak bisa “mengatasi” jamur blue stain dan jamur noda lainnya. Sebab, meskipun kita sudah membasmi organisme tersebut, sel-selnya yang mikroskopik masih akan tertinggal di jaringan sel kayu sehingga menyebabkan cacat warna. Biasanya jamur ini menyebabkan kayu bernoda coklat, hitam, hingga kebiruan.

Opsi yang dapat kita terapkan adalah memutihkan kayu. Produk pemutih kayu White Agent WA-250 akan menjadi bahan terbaik untuk kayu yang terkena blue stain. Tapi tentu saja bila serangan jamur ini sudah sangat banyak dan terjadi saat kayu belum diolah menjadi mebel garden.

Pada mebel yang sudah jadi, kita harus mengamplas lapisan catnya dulu, membasmi jamur stain, dan melakukan finishing ulang. Agar noda jamur tak terlihat, pilih warna finishing yang bisa menutupinya.

Jamur Permukaan

Jamur permukaan adalah jamur makroskopis dengan bentuk menyerupai jamur tempe yang berhifa. Namun warna jamur cenderung beraneka ragam. Bila jamur permukaan masih belum merusak lapisan cat, kita tinggal mengolesinya dengan BioCide Surface Film Preservative saja. Namun untuk jamur yang sudah merasuk ke dalam lapisan cat, maka pengamplasan harus dilakukan terlebih dahulu.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn