6 Ide Hiasan Dinding dari Kayu

Siapa bisa menampik cantiknya rumah yang dihias dengan berbagai hiasan dinding dari kayu? Aneka rupa carft berupa ukiran mampu membuat suasana ruangan lebih menawan dan hidup. Tapi jangan salah, dengan beberapa kiat sederhana, kita pun bisa memproduksi benda-benda rupawan tersebut.

Tentu produk yang dihasilkan tidak serumit ukiran khas Jepara. Bahannya pun sebenarnya bisa diambil dari material kayu bekas saja. Atau, kita juga bisa memanfaatkan ranting yang jatuh dari pohon di halaman. Namun kehadirannya tetap bisa membuat ruangan Anda lebih cantik. Berikut ini contoh-contoh produk hiasan dinding kayu yang bisa Anda tiru untuk dibuat sendiri.

6 Ide Hiasan dinding dari Kayu yang Mudah Dibuat

Wooden Polkadot

Wooden polkadot bisa dibuat dengan cara yang sangat sederhana. Anda tinggal memotong cabang pohon yang tak begitu besar. Potong-potong cabang tersebut, obati dengan BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide supaya tahan hama, lalu setelah siap lakukan pengecatan dan tempelkan pada media kayu besar. Jadilah wooden polkadot Anda.

kayu-polkadot

 

Palet Vintage di Dinding

Hiasan ini cocok diaplikasikan untuk ruangan yang memerlukan kesan vintage. Caranya sederhana saja apalagi bila Anda sudah memiliki beberapa kayu palet bekas. Kuncinya adalah mengaplikasikan finishing teknik vintage BioColours.

pallet-shelf-with-wall-decor

 

Panorama Gedung Bertingkat

Bila Anda memiliki sebuah papan kayu dan beberapa potongan kayu memanjang, maka hiasan berupa panorama gedung bertingkat bisa Anda coba. Kayu memanjang bisa digunakan sebagai gedung bertingkat sedangkan papan kayu untuk menempelkannya.

Iklan Biothane utama

hiasan-dinding-dari-kayu

 

Panah

Hiasan panah cocok digunakan untuk ruangan dengan kesan sederhana dan etnik. Cara membuat hiasan ini mudah. Secara umum Anda hanya memerlukan dua potongan kayu memanjang dengan ukuran kira-kira 60 cm. Setelah itu, Anda tinggal membentuknya sesuai wujud panah itu sendiri. Agar lebih presisi, gunakan pola yang sudah dicetak di kertas.

hiasan dinding dari kayu

 

Bunga Ranting

Bagaimana bila Anda tidak memiliki kayu namun justru mempunyai banyak ranting tak terpakai? Tenang, Anda tetap bisa mengubah ranting-ranting tersebut menjadi hiasan dekorasi. Contohnya seperti gambar di bawah ini. Sangat bagus, bukan? Dari material yang dianggap sampah seperti ranting, kita bisa menghasilkan hiasan dinding dari kayu yang memiliki kesan berkelas dan elegan.

ranting-kayu

 

Tulisan Welcome

Bagi yang menyukai ukiran, papan dengan tulisan welcome akan sangat manis diletakkan di depan rumah. Hiasi dengan bunga, maka papan tersebut terlihat semakin cantik dan lembut..

Tips Supaya Dekorasi dari Kayu Awet

Supaya hiasan atau dekorasi lebih awet, obati dulu kayu dengan antiserangga dan fungisida. Gunakanlah produk khusus insektisida dan fungisida khusus kayu seperti BioCide. Kayu yang sudah diobati akan memiliki ketahanan jauh lebih baik dari serangan rayap hingga jamur. Sehingga craft yang Anda buat lebih awet dan tahan lama. Kalau sudah benar-benar berkualitas, kenapa tak mencoba membisniskannya saja?

Seberapa Besar Potensi Bisnis Hiasan Dinding dari Kayu?

Membangun usaha kerajinan hiasan kayu sama sekali bukan ide yang buruk. Negara kita sendiri adalah salah satu negara yang dikenal dengan produksi wooden craft berkualitas. Bersama dengan industri mebel, industri kerajinan menyumbang devisa negara dalam jumlah yang signifikan. Di mata internasional pun, produk Indonesia sudah dikenal dengan kualitasnya yang tinggi. Harga kerajinan Indonesia pun dikenal mahal karena kualitas premiumnya itu.

hiasan dinding dari kayu

Banyak pelaku usaha yang telah meraup untung besar dari usaha ini. Misalnya saja Agus, seorang pengusaha dari Jepara sebagaimana dilansir dari Detik.com. Ia bahkan bisa mengantongi angka 300 juta dalam sebulan saja. Lain lagi dengan Sardi. Meski cuma tamatan SMP, ia bisa meraup 35 juta per bulan dengan usaha kerajinan.

Bukan tak mungkin Anda bisa menjadi “the next” Agus dan Sardi. Apalagi bila Anda menguasai bidang teknologi informasi. Di zaman serba internet ini, tentu akan lebih mudah bagi kita untuk memasarkan produk hingga ke manca negara. Kita juga tak perlu membuat produk dalam jumlah besar dulu, karena kita bisa mulai dengan menjual dalam skala yang lebih kecil.

Perlu Pengawetan yang Mumpuni

Bila Anda benar ingin menyeriusi bisnis di bidang pembuatan hiasan dinding dari kayu ini, tentu Anda harus memiliki strategi yang tepat. Selain membuat produk yang bagus dan marketing yang baik, Anda juga harus memerhatikan keawetan produk.

pengawetan kayu 3
I

Keawetan? Ya keawetan. Pasalnya, banyak produk craft atau kerajinan berbasis bahan alam yang ternyata tidak awet. Tak jarang ditemui, produk kerajinan yang bubukan, ditumbuhi jamur, dan lain sebagainya. Penyebabnya:

  1. Menggunakan kayu yang keawetannya jelek (misalnya kelas III ke bawah)
  2. Menggunakan kayu yang masih muda
  3. Menggunakan bahan seperti ranting

Hal-hal di atas membuat industri kerajinan kayu sering dikomplain oleh masyarakat. Padahal, solusi untuk mengatasi masalah di atas sebenarnya sederhana. Anda tak perlu sampai harus membeli kayu premium seperti jati yang harganya mahal. Anda hanya harus menerapkan treatment pengawetan atau wood preservation saja.

Treatment pengawetan bertujuan supaya produk tahan lama dengan memberikan proteksi terhadap berbagai hama yang menyerang. Usaha ini dilakukan dengan cara meresapkan bahan pengawet. Jenis bahan pengawetnya sendiri ada beberapa. Untuk perlindungan anti jamur, bahan pengawet yang harus digunakan adalah fungisida. Dan kami menyediakan fungisida yang tepat untuk kebutuhan ini.

Dua BioCide untuk Usaha Hiasan Dinding dari Kayu

biocide sfp

Dua produk yang kami sediakan untuk Anda adalah BioCide. Keduanya merupakan fungisida yang sangat cocok dalam industri pembuatan hiasan dinding dari kayu. kedua produk tersebut adalah:

Produk BioCide Fungsi
BioCide Wood Fungicide Digunakan untuk mencegah jamur noda. Kayu yang terserang jamur noda biasanya tampak berwana kebiruan dan kehitaman bak dinding yang terkena jamur. Jamur noda memang tidak cepat melapukkan, namun bisa membuat rupa kerajinan terlihat sangat jelek.
BioCide SFP (Surface Film Preservative) Untuk mencegah dan membasmi jamur pembusuk serta lumut. Sebagai pembasmi jamur dan lumut, kita tinggal mengusapkan atau menggosokkannya saja. Sedangkan untuk mencegah kedua hama itu, BioCide SFP bisa dicampurkan ke cat yang akan diaplikasikan ke hiasan dinding dari kayu.

Kedua produk fungisida ini memiliki kelebihan dibanding produk serupa lainnya. Beberapa keunggulan BioCide adalah:

1. Mudah digunakan untuk pemula sekalipun
2. Sangat efektif dan efisien
3. Diformulasikan sesuai standar keamanan yang berlaku
4. Tahan lama
5. Tidak menimbulkan efek buruk seperti pengawet yang lain (misalnya membuat kayu jadi sulit dicat)
6. Harga lebih terjangkau
7. Hemat dipakai

Penting Diingat!

Gunakan alat pelindung saat menggunakan BioCide, sebagaimana standar dalam aplikasi pengawet pada umumnya. Simpan BioCide di tempat yang tidak panas, tidak terkena sinar matahari langsung, hingga jauh dari jangkauan anak-anak.

Cara Pesan BioCide

Beli BioCide untuk hiasan dinding dari kayu sekarang bisa dilakukan dengan sangat mudah lho! Anda bisa membeli produk kami dengan menghubungi kami lewat WA, telepon, atau email. CS kami akan memandu Anda dalam proses pemesanan yang mudah, cepat, dan juga profesional.

Ingin menjadi agen kami atau bertanya dulu mengenai produk ini? Tentu saja bisa. Sekali lagi, silahkan hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut.

Adapun, untuk pemesanan secara langsung, Anda bisa menghubungi kami di Bio Service Point. Di sini, Anda bisa sekaligus melihat-lihat dan membeli produk kami yang lainnya. Sebab, kami memang tidak hanya menyediakan fungisida pengawet kayu.
Kami di Bio Industries bergerak dalam bidang produksi dan penyediaan produk woodworking yang ramah lingkungan. Di sini, Anda bisa membeli cat ramah lingkungan, lem putih, hingga bleaching kayu.

Tiga cabang Bio Service Point dan pusatnya di Yogya beralamatkan di:

  1. Yogya: Jlan Sidikan Nomor 94 Sorosutan Yogyakarta
  2. Jepara: Jln Raya Kudus Kilometer. 9a, Ngabul, Tahunan, Jepara kode pos 59417
  3. Cirebon: Jl Escot No.42, RT.014/RW.04, Tegalwangi, Weru, Cirebon kode pos45154

Ringkasan

Ada beberapa hal atau pokok yang bisa kita simpulkan dari penjelasan di atas:

  1. Selain hiasan dari bahan plastik atau malah bahan mewah seperti perak, kita bisa mempercantik rumah dengan hiasan dari kayu.
  2. Khusus untuk rumah dengan tema natural, shabby chic, minimalis, vintage, dan sejenisnya, keberadaan hiasan dinding dari kayu bisa benar-benar mengoptimalkan keindahan ruangan.
  3. Ada berbagai jenis hiasan yang bisa kita buat. Kita bisa membuat tulisan welcome, figura, dan masih banyak lagi lainnya yang tak bisa disebut satu per satu. Bahan kayunya bis didapat dari timber, kayu bekas mebel yang tak terpakai, sampai ranting dari pohon di halaman.
  4. Bila kita sudah mahir membuat aneka hiasan itu, boleh lho coba-coba membangun usaha di bidang kerajinan kayu. Toh, sudah banyak pengusaha Indonesia yang berhasil membuktikan larisnya kerajinan berbasis kayu hingga ke pasar internasional.
  5. Tapi ingat, selalu aplikasikan pengawetan yang baik. Pengawetan bisa membuat produk kerajinan terlindung dari hama. Khusus untuk hama jamur, Anda bisa mengandalkan produk kami, BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

Intinya, be creative dan protective! Dengan kedua prinsip itu, Anda pasti bisa membuat hiasan dari dinding kayu unggulan yang laku di pasaran. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn