Lakukan 4 Hal Ini agar Ruang Tamu Minimalis Lebih Nyaman Meski Sempit

Setidaknya, ada 4 hal yang bisa dilakukan agar dapat membuat ruang tamu minimalis lebih nyaman meskipun kondisi ruangan sempit.

Rumah dengan konsep minimalis tentu punya luas lahan yang terbatas, dengan begitu tentu saja kondisi ruang tamu juga tak kalah sempit dan minimalis.

Cara Lain untuk Atasi Ruang Tamu Sempit

Ruang tamu minimalis tone hijau muda. Sumber: MORE Furniture

Salah satu pilihan yang paling sering dilakukan sebagai solusi dalam mengatasi ruang tamu minimalis adalah penggunaan jenis furniture.

Baca Juga : Simak 3 Cara Menghilangkan Jamur pada Furnitur Kain, Mudah dan Ampuh!

Dalam memilih furniture, diusahakan sangat diperhatikan jenis yang akan digunakan. Terutama dari segi ukuran dan bentuk. Karena jika ukuran furniture justru terlalu besar, dikhawatirkan akan terlalu banyak memakan ruang.

Hal tersebut sangat dihindari mengingat kondisi ruang tamu yang terbatas, maka disarankan untuk memilih furniture yang lebih sesuai. Dari ukuran dan bentuk, usahakan pilih yang sesuai dengan kondisi ruangan.

Selain itu, sebaiknya pilih juga jenis furniture yang multifungsi sehingga bisa merangkap beberapa peran sekaligus saat digunakan.

Baca Juga : Gunakan 8 Warna Ini untuk Kursi Makan Minimalis, Ruangan Akan Lebih Elegan!

Tapi, ternyata bukan hanya penggunaan jenis furniture saja yang dapat mempengaruhi dan mengatasi keterbatasan luas ruang tamu minimalis.

Karena masih ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Misalnya dengan melakukan 4 hal yang akan di bahas di bawah ini.

Ruang Tamu Minimalis Lebih Nyaman dengan 4 Hal Ini

Ruang tamu minimalis untuk rumah kecil. Sumber: IKEA Indonesia

Apa saja sih 4 hal yang bisa dilakukan untuk membuat ruang tamu minimalis terasa lebih nyaman saat digunakan?

Simak 4 hal berikut ini yang bisa jadi solusi untuk membuat kondisi ruang tamu terasa lebih nyaman untuk digunakan meski mempunyai luas terbatas.

Baca Juga : Lakukan 8 Cara Ini untuk Hilangkan Lumut Membandel di Rumah, Dijamin Ampuh!

1.      Menggunakan Karpet

Karpet Ruang Tamu Modern Minimalis dan Berkualitas. Sumber: Karpet Import

Suasana ruang tamu akan lebih hangat dan nyaman jika ada karpet. Kamu bisa menghangatkan ruangan dengan memasang karpet dengan ukuran besar di ruang tamu rumahmu.

Setidaknya gunakan karpet yang lebarnya dapat memenuhi lebar ruang tamu serta panjangnya dapat menutupi sebagian besar lantai.

Dengan cara ini, bagian ruang tersisa yang tidak tertutup karpet bisa dimanfaatkan untuk menjadi ruang bagi orang yang berjalan.

Baca Juga : Aneka Perabotan Rumah Minimalis dari Material Besi dan Logam

Penggunaan karpet berukuran besar memang lebih disarankan. Karena karpet yang ukurannya kecil justru tidak baik secara visual serta dapat memberi kesan memecah belah lantai.

Hal itu membuat keberadaan karpet justru terkesan mengganggu dan tidak cocok ada pada ruang tamu rumahmu.

Pemilihan warna karpet juga sebisa mungkin disesuaikan dengan furniture maupun warna dinding yang ada di ruang tamu.

Baca Juga : 6 Perabot Serbaguna yang Cocok Dipakai untuk Partisi Ruangan Minimalis

Misalnya dengan cara memilih warna karpet yang senada dengan warna meja ataupun warna sofa. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan karpet dengan memakai vaccum cleaner.

Bersihkan karpet minimal seminggu sekali agar penggunaannya selalu nyaman karena kebersihannya terjaga dengan baik.

2.      Pilihan Warna pada Furniture Ruang Tamu Minimalis

Furniture Ruang Tamu Minimalis. Sumber: Rumah123

Selain jenis furniture, pemilihan warna yang diaplikasikan pada mebel tersebut juga tidak kalah penting. Karena akan sangat mempengaruhi keberadaannya pada ruang tamu minimalis.

Baca Juga : 4 Cara Merawat Meja Kantor Kayu, Dijamin Ampuh dan Anti Ribet!

Lebih direkomendasikan untuk memilih warna yang terang. Sehingga dapat lebih mengesankan kecerahan walaupun ruang tamu punya luas yang terbatas alias sempit.

Usahakan pula penggunaan warna pada cat dinding juga senada dengan furniture ruang tamu. Hal itu akan membuat suasana di dalamnya terasa lebih serasi.

3.      Simpan TV untuk Buat Suasana Makin Hidup

TV di ruang tamu minimalis. Sumber: Archify

Kendati luas ruangannya terbatas dan cenderung sempit, tapi sebaiknya gunakan TV di ruang tamu untuk membuat suasana semakin hidup.

Kamu bisa menggantungkan TV pada dinding ruangan dengan menggunakan bracket. Cara ini selain dapat menghemat ruang juga bisa memberi kesan ruang tamu menjadi terasa lebih luas.

Baca Juga : Simak 5 Tips Merawat Furniture Kayu Sengon Agar Lebih Awet dan Bebas Jamur

4.      Usahakan Hindari Sekat

Desain interior rumah minimalis tanpa sekat. Sumber: HPL Pelangi

Sebisa mungkin, sebaiknya usahakan hindari untuk menyekat ruangan. Karena untuk membuat tampilan ruangan tampak lebih luas, sebisa mungkin hindarilah untuk membuat sekat.

Apalagi dengan menghadirkan sekat berupa dinding atau papan. Hal tersebut bisa membuat suasana ruang tamu terasa semakin sempit.

Dengan tanpa sekat, sebenarnya tampilan ruang tamu akan tampak lebih impresif. Hal itu akan semakin menampilkan nuansa desain interior minimalis yang diusung pada rumah.

Baca Juga : Mengatasi Kerusakan dengan Mengecat Ulang Pagar Besi

Daripada menyekat ruangan, kamu bisa memilih untuk menghias ruang tamu dengan menggunakan berbagai jenis perabotan minimalis.

Pilih jenis perabotan yang tidak memerlukan banyak ruang dan bisa serbaguna. Misalnya seperti penggunaan rak gantung dari kayu.

Atau dengan menggunakan meja sisi sebagai tempat penyimpanan serbaguna di ujung ruangan.

Baca Juga : Rekomendasi 4 Furniture Minimalis yang Cocok untuk Ruang Keluarga Sempit

Demikian informasi tentang 4 hal yang bisa dilakukan agar ruangan dapat terasa lebih nyaman walaupun kondisinya sempit.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menginspirasi kamu saat ingin mendesain interior rumah khususnya untuk area ruang tamu yang punya luas terbatas.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya