Tutorial Cara Hilangkan Lumut di Pagar Besi dalam 5 Langkah Mudah

Pagar besi ditumbuhi lumut? Simak 5 langkah cara hilangkan lumut di pagar besi di bawah ini.

Pagar merupakan salah satu elemen bangunan yang diletakkan mengitari bangunan secara sepenuhnya atau sebagian. Pagar memiliki fungsi utama untuk memberikan proteksi. Pada masa lalu, pagar digunakan untuk melindungi penghuninya dari hewan buas dan para kriminal.

Seiring berjalannya waktu, pagar juga memiliki fungsi aestetik. Keberadaannya sengaja didesain sedemikian rupa agar memberikan keindahan pada façade rumah.

Jenis pagar pun mulai beragam. Setelah kayu mendominasi pada masa lalu, sekarang bahan-bahan lain mulai digunakan sebagai penggantinya. Salah satunya adalah besi.

Pagar besi menawarkan beberapa keunggulan mulai dari sifatnya yang lebih kuat dan protektif. Akan tetapi material ini pun tidak sempurna. Meski sering dianggap bebas hama, nyatanya banyak kasus yang menunjukkan bahwa pagar besi pun bisa ditumbuhi hama seperti lumut. Dan di kesempatan ini kami pun secara khusus akan membagikan metode yang bisa diterapkan untuk membasmi hama tersebut.

Cara Hilangkan Lumut Di Pagar Besi

5 Langkah Cara Hilangkan Lumut di Pagar Besi

1. Persiapan

Pertama-tama, persiapkan dulu hal-hal di bawah ini:

  1. Obat penghilang lumut, yakni BioCide Surface Film Preservative
  2. Amplas
  3. Air
  4. Cat dan pengencernya untuk pengecatan ulang
  5. Kuas
  6. Kacamata pelindung, sarung tangan, dan pakaian yang menutup kulit tubuh yang aman

Setelah semua bahan di atas siap, kita baru bisa meneruskan ke langkah kedua.

2. Pembersihan

Hal pertama yang harus dilakukan setelah mempersiapkan alat dan bahan di atas adalah melakukan pembersihan. Hal ini diperlukan sebab selain lumut, pagar biasanya juga kotor karena hal lain. Misalnya debu yang sudah begitu keras menempel atau malah karat (korosi).

Bila kotoran-kotoran itu tidak dikikis dulu, maka metode cara hilangkan lumut ini tidak akan bisa sukses dilakukan. Atau bisa berhasil, namun akan boros obat anti lumutnya. Jadi silahkan lakukan pembersihan dulu. Anda bisa menggunakan semprotan air atau menghilangkan dulu debu dengan amplas.

Pembersihan tidak harus menghilangkan 100% kotoran yang menempel. Yang penting, beberapa kotoran dan karat sudah hilang sebagian. Setelah itu biarkan pagar dulu supaya agak kering.

3. Aplikasi BioCide SFP sebagai Kunci Cara Hilangkan Lumut di Pagar Besi

Anda mungkin berpikir bahwa setelah langkah kedua, pembersihan lumut sudah selesai dilakukan. Padahal, kenyataannya sama sekali tidak demikian.

Biocide

Lumut sangat bisa muncul kembali di pagar 7 hari setelah Anda bersihkan. Ini terjadi karena lumut berkembang biak menggunakan spora. Spesies ini sangat mudah menyebar dan kemudian menempel di permukaan bahan yang lembab dan kotor.

Supaya spora ini pun turut terbasmi bersamaan dengan lumut lainnya, Anda perlu menggunakan obat BioCide Surface Film Preservative. Silahkan encerkan dulu sesuai rekomendasi pada label menggunakan air (gunakan sarung tangan pelindung, kacamata, dan alat safety lainnya). Setelah itu, usapkan cairan BioCide ke pagar, terutama di area yang terkena jamur.

4. Biarkan Dulu, Bersihkan

BioCide SFP bekerja dengan membasmi spora serta mengacaukan metabolisme dan fotosintesis lumut. Fungsi ini akan efektif seiring berjalannya waktu. Jadi biarkan dulu pagar Anda setelah diolesi menggunakan BioCide SFP.

5. Refinishing dengan Cat yang Dicampuri BioCide SFP

Setelah aplikasi BioCide, pagar Anda tidak akan ditumbuhi lumut lagi dalam waktu yang lama. Namun demikian, kami tidak merekomendasikan Anda berhenti di langkah ketiga cara hilangkan lumut di pagar besi di atas saja.

Setelah lumut hilang, pagar perlu difinish atau dicat. Pengecatan sangat krusial karena paparan kelembaban, fluktuasi suhu, dn sinar UV bisa benar-benar menyebabkan pagar besi berkarat.

Oleh karena itu, setelah aplikasi BioCide, kita perlu mengecat pagar itu kembali. Anda bisa menambahkan BioCide SFP pada bahan cat sekiranya cocok. Penambahan BioCide SFP ini akan membuat lapisan cat benar-benar protektif melindungi pagar dari hama.

Keunggulan BioCide sebagai Bahan untuk Cara Hilangkan Lumut di Pagar Besi

Penggunaan BioCide sebagai anti lumut kami sarankan karena produk ini memang memiliki banyak keunggulan. Berikut ini beberapa kelebihan BioCide Surface Film Preservative untuk optimalkan treatment anti lumut.

  1. Bekerja spesifik pada lumut, sehingga targetnya jelas dan cepat
  2. Efisien dan hemat digunakan
  3. Lebih aman pada organisme yang lain, terutama dibandingkan antilumut yang dijual di pasaran
  4. Harga yang lebih terjangkau dibanding kualitas yang ditawarkan
  5. Tidak menyebabkan efek samping tertentu yang merusak pagar besi, baik estetika atau kekokohannya
  6. Bisa dicampur ke bahan cat
  7. Juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi dan mencegah hama jamur

Sebagaimana disebut pada poin 7 di atas, BioCide Surface Film Preservative bukan hanya bisa digunakan dalam metode cara hilangkan lumut di pagar besi. Produk ini pun juga sebetulnya bisa digunakan untuk antijamur.

BioCide SFP memang menggunakan 2 bahan aktif. Satu bahan aktif adalah anti jamur, dan bahan aktif yang kedua adalah anti lumut. Keduanya bekerja saling melengkapi sebab seringkali, hama jamur memang menyerang bersama hama lumut dalam kondisi outdoor.

Khusus untuk antijamur sendiri, BioCide SFP menawarkan proteksi anti fungal yang sangat baik. Selain bisa dipakai untuk outdoor, produk ini juga bisa digunakan untuk pengendalian hama anti lumut indoor. Misalnya untuk mencegah dan mengatasi furniture di gudang yang diserang hama jamur putih.

Yuk, Beli BioCide SFP Segera

Siapa tak tertarik dengan berbagai kelebihan BioCide Surface Film Preservative yang disebutkan di atas? Bagi Anda yang ingin segera menerapkan tutorial cara hilangkan lumut di pagar dengan BioCide, silahkan pesan dengan cara berikut ini.

  1. Pesan secara online di antijamur.net. Pesanan Anda akan diterima oleh CS kami. Anda juga akan dipandu CS dalam proses pembelian secara daring ini. Selain bisa mengurus pesanan, Anda juga bisa bertanya berbagai informasi mengenai BioCide pada CS kami lho.
  2. Pesan secara online di toko daring. Silahkan gunakan platform toko daring langganan Anda. Produk BioCide sudah tersebar di berbagai online shop tersebut.
  3. Pembelian secara langsung di Bio Service Point dan agen-agen. Saat ini, Bio Service Point dan agen-agen kami telah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Penutup

  1. Dibandingkan dengan pagar kayu, pagar besi menawarkan beberapa kelebihan. Misalnya, lebih kuat, lebih protektif, dan tidak mudah lapuk.
  2. Namun demikian, pagar besi juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya sifatnya yang bisa berkarat.
  3. Selain itu, hama seperti lumut pun bisa muncul pada permukaan besi.
  4. Lumut akan memperparah korosi dan menyebabkan jamur muncul.
  5. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memanfaatkan BioCide Surface Film Preservative sebagai obat lumut yang efektivitasnya tak perlu Anda ragukan lagi.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Terus ikuti berbagai informasi menarik lainnya seperti informasi mengenai cara hilangkan lumut di pagar besi ini.

 

 

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.