Inilah Obat Anti Jamur Terbaik Untuk Kayu Sengon

Apakah ada jamur tumbuh di atas kayu sengon Anda? Jamur ini merusak struktur dan permukaan kayu sehingga dibutuhkan obat anti jamur terbaik untuk kayu sengon.

Di antara berbagai kayu komersil yang dijual di pasaran, terdapat nama sengon yang sempat sangat populer beberapa tahun silam. Sengon dinilai sebagai kayu idaman karena budidaya pohon yang mudah, masa panen yang lebih cepat, dan banyaknya pasar yang bisa menampung kayu ini.

Ya, sengon memang merupakan kayu serba guna. Selain bisa dipakai untuk membuat furniture dan kerajinan, kayu ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam engineered wood seperti tripleks. Harga sengon yang murah juga membuatnya semakin disukai. Keberadaan kayu ini pun menjadi alternative sendiri bagi perusahaan mebel atau masyarakat yang menginginkan produk kayu dengan harga lebih terjangkau.

Saat Jamur Merusak Kayu Sengon

anti jamur terbaik untuk kayu sengon

Secara umum sengon memiliki keunggulan berupa harganya yang murah, penggunaannya yang beragam, hingga ketersediaannya yang mencukupi. Akan tetapi kayu ini pun bukan tanpa kekurangan. Dalam pengolahan sengon, misalnya, penggunaan obat anti jamur terbaik untuk kayu sengon adalah sesuatu yang wajib diaplikasikan. Hal ini dikarenakan sifat kayu yang tidak awet.
Sengon memiliki kerentanan tinggi diserang hama jamur. Dan sebagaimana berbagai kayu pada umumnya, terdapat dua jenis jamur yang perlu diwaspadai merusak kayu ini.

  1. Jamur pembusuk. Jamur pembusuk, sebagaimana namanya adalah jamur yang bisa melapukkan kayu. Substrat kayu yang kokoh bisa hancur akibat hama ini. Terdapat sangat banyak jamur pembusuk mulai dari white rot, brown rot, hingga soft rot.
  2. Jamur noda. Jamur ini tidak menyebabkan pembusukan kayu. Kalaupun menimbulkan efek pembusukkan, pasti prosesnya sangat lama sehingga tak perlu sangat dirisaukan. Akan tetapi, jamur noda bisa merusak estetika kayu. Jamur ini juga bisa membuat kayu lebih lembab sehingga ditumbuhi oleh jamur pembusuk.

Pertama, yang perlu kita ketahui adalah kenapa jamur suka tumbuh di kayu sengon. Kedua, apa yang memungkinkan jamur perusak estetika kayu sengon ini hidup. Jika merasa jamur perusak ini menjengkelkan dan merugikan perhatikan artikel ini sampai tuntas.

perlu penyerap lembab untuk kamar
akibat jamur perusak kayu pada furniture

Kayu sengon ditumbuhi jamur biasanya tidak memiliki racun alami sebagai penangkal jamur. Dengan kata lain, kayu sengon yang ditumbuhi jamur mengandung banyak nutrisi kesukaan jamur yang disebut selulosa. Dari segi fisis, kayu sengon yang ditumbuhi jamur memiliki kadar air yang memunkinkan jamur tumbuh.

Suhu optimum untuk pertumbuhan jamur seperti jenis blue stain ada diantara 22 –30° C, di bawah suhu ini pertumbuhan masih tetap berlangsung. Meskipun pada suhu mendekati di bawah titik beku pertumbuhan berhenti, namun jamur tidak akan mati. Tetapi apabila kondisi tumbuh kembali membaik, jamur akan kembali berkembang.

Pertumbuhan jamur blue stain akan berhenti pada suhu 35° C. Kebanyakan akan mati, apabila diberi suhu tersebut dalam waktu lama. Selain mengkondisikan ruangan atau rumah produksi tetap kering, kita juga butuh anti jamur sebagaimana yang telah diolah oleh dengan menggunakan bahan aktif yang rmaah lingkungan. Obat anti jamur terbaik ini disebut BioCide Wood Fungicide, aktif dalam jangka waktu yang lama.

Bahan Paling Berkualitas Agar Sengon Anti Jamur

Bahan kimia ini sangat efektif untuk pencegah pertumbuhan jamur susbtrat. Sehingga, media kayu atau lainnya memiliki umur pakai yang lebih panjang. Bahan ini sangat sesuai bagi industri perkayuan yang sedang memiliki stok kayu sengon  yang sangat banyak.

Iklan Biothane utama

Kami Sedia Obat Anti Jamur Terbaik untuk Kayu Sengon

Di antijamur.net, kami menyediakan dua produk fungisida yang bisa Anda andalkan. Keduanya adalah BioCide Surface Film Preservative dan BioCide Wood Fungicide.

BioCide Surface Film Preservative adalah antijamur permukaan dan pembusuk pada umumnya. Produk ini juga memiliki kandungan khusus untuk mencegah dan mengatasi serangan hama lumut. Cara kerja BioCide SFP adalah dengan mengacaukan sistem metabolisme kedua organisme terkait. Proteksinya sangat efektif dan bisa bertahan sangat lama.

BioCide SFP juga bisa dicampurkan ke water based paint atau cat berbasis air yang diaplikasikan ke kayu sengon. Fungsi ini memang didesain demikian sebab lapisan cat merupakan layer pelindung penting ketahanan kayu. Sayangnya, harga cat antijamur di pasaran cenderung mahal. Penggunaan BioCide SFP akan mengatasi masalah tersebut.

biocide sfp untuk atasi plafon rumah berjamur

Produk anti jamur terbaik untuk kayu sengon yang kedua adalah BioCide Wood Fungicide. Berbeda dengan BioCide SFP, BioCide Wood Fungicide adalah antijamur untuk jamur noda seperti blue stain. Jamur noda, meskipun tak menyebabkan pelapukan dan pembusukan, akan tetapi bisa merusak estetika kayu. Selain jamur stain, BioCide juga ampuh mencegah hama lain yang bersifat microbial seperti bakteri pembusuk. Proteksi yang diberikan pun sangat baik. Dan metode aplikasinya beragam dari metode vakum tekan sampai pemulasan.

Kenapa sih Menggunakan BioCide?

Ayo, dapatkan BioCide sekarang juga! Kenapa sih harus menggunakan obat ini dan bukan yang lain? Sebagian dari Anda mungkin bertanya demikian. Alasannya sebenarnya terkait dengan 5 aspek keunggulan BioCide.

  1. Aspek hasil. Produk ini memberikan hasil pengawetan yang sangat baik. Efektivitas perlindunan jauh lebih lama dan menyeluruh.
  2. Aspek metode. BioCide dapat diterapkan dengan berbagai metode mulai dari pemulasan sampai perendaman dalam alat vakum tekan.
  3. Aspek keamanan. Secara umum, produk ini didesain sebagai pengawet berstandar Eropa dan Amerika Serikat. Dengan demikian, dari segi kualitas keamanan, produk ini memiliki kualifikasi yang sangat baik.
  4. Aspek efek samping. Produk ini tidak menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan seperti permukaan kayu yang licin dan sulit dicat.
  5. Aspek harga. Produk ini bukan hanya sangat murah bila dilihat dari kualitasnya, BioCide juga sangat hemat digunakan. Konsentrasi BioCide memang dibuat tinggi.

Dengan kelima alasan itulah kenapa BioCide lebih kami sarankan dibanding produk lainnya.

Konsentrasi Larutan Berdasar Pada Cuaca

Obat anti jamur terbaik Biocide Wood Fungicide dapat digunakan pada media kayu (log dan gergajian), bambu, natural fiber, rotan. Produk pengawet kayu sengon ini dapat dilarutkan dengan air atau minyak (solvent). Pada musim kemarau, konsentrasi larutan 1,5% dan musim hujan 2,5%. Rendam kayu sengon dalam konsentrasi tersebut, setelah 2 minggu sampai 1 bulan, kuras dan bersihkan bak.

anti jamur terbaik untuk kayu sengon

Bagaimana dengan aplikasi BioCide Surface Film Preservative? Untuk BioCide SFP, ada dua cara yang bisa dipilih. Sebab produk ini pada dasarnya gabungan produk fungisida pembasmi jamur dan fungisida pengawet jamur. Sebagai pembasmi jamur, Anda tinggal mengoleskan BioCide SFP ke bagian kayu sengon yang terserang jamur. Adapun sebagai pengawet, aplikasi BioCIde SFP bisa dicampurkan ke bahan coating yang diterapkan dengan konsentrasi yang direkomendasikan.

Begini Cara Membeli Anti Jamur Terbaik untuk Kayu Sengon

Rumah produksi furniture atau bangunan yang akan menggunakan kayu sengon dapat mencobanya dengan menghubungi kontak yang tertera dalam website ini. Obat anti jamur terbaik untuk sengon  BioCide ini mengajak Anda membuktikan bagaimana jamur pewarna kayu sengon yang merusak dapat di atasi dalam jangka panjang. Kenapa demikian? Karena kita tidak bisa mengatur kelembaban udara di sekitar kita, dan jamur dapat tumbuh kapan saja. Tertarik?

Tak cuma bisa diaplikasikan secara mudah, ternyata kedua obat antijamur ini juga bisa dibeli dengan sangat mudah lho. Ya, selain membeli secara langsung, Anda juga bisa melakukan online buying atau pembelian secara daring. Tahapannya pun cepat dan sangat transparan. Berikut ini gambaran pembelian BioCide di antijamur.net.

  1. Hubungi Customer Service kami. Anda bisa menghubungi lewat email, telepon, WA, dan lainnya.
  2. Anda boleh bertanya-tanya dulu atau langsung melakukan pemesanan.
  3. Bila Anda ingin langsung memesan, silahkan berikan keterangan alamat dan jumlah BioCide yang dipesan. Supaya, CS bisa memberikan estimasi kasar biaya dan lama kirim.
  4. Diskusikan lebih lanjut.
  5. Bila semua sudah disepakati, silahkan lakukan pembayaran sesuai keterangan dari CS.
  6. Kirim bukti pembayaran ke kami. Tunggu kami memberikan nomor resi.
  7. Silahkan tunggu produk sampai di alamat yang Anda kehendaki. Kami juga akan memantau proses pengiriman BioCide.

Mudah bukan cara membeli produk ini? Jadi tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan BioCide segera.

Simpulan

Dari penjelasan di atas, ada beberapa poin yang bisa disimpulkan, yakni:

  1. Sengon merupakan kayu yang sebetulnya memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan. Pohon bisa dibudidayakan dengan lebih cepat dengan cara yang lebih mudah. Ketika dijual, kayu ini bisa digunakan untuk membuat mebel sampai untuk membuat kayu olahan seperti tripleks. Harga sengon yang lebih murah juga membuatnya banyak dijadikan pilihan.
  2. Namun demikian, kayu ini memiliki kekurangan utama berupa sifatnya yang tak tahan jamur dan berbagai hama perusak lainnya. Seperti kayu yang lain, jamur yang menyerang sengon bisa dibedakan menjadi dua, yakni jamur pembusuk dan jamur noda.
  3. Penyebab serangan jamur sendiri beragam. Selain karena faktor eksternal seperti kelembaban yang tinggi, jamur juga bisa menyerang karena sengon tak memiliki zat antijamur alami dalam substrat kayunya.
  4. Antisipasi serangan jamur sebaiknya diterapkan baik oleh para petani sebagai produsen, pelaku usaha woodworking seperti perusahaan mebel, sampai di kalangan masyarakat itu sendiri.
  5. Di Antijamur.net, kami sedia antijamur yang bisa digunakan untuk kayu sengon yang baru ditebang maupun sengon yang sudah diolah menjadi mebel. Anti jamur terbaik untuk sengon yang kami rekomendasikan adalah BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Terus nantikan dan ikuti berbagai informasi menarik lainnya di antijamur.net.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn