Cara Mengatasi Kerajinan Kelapa Berjamur

Bagaimana cara mengatasi kerajinan kelapa berjamur? Ssst! Kami punya tips jitu bagi Anda yang menggeluti bidang usaha tersebut.

Nyiur kelapa adalah sebuah judul lagu yang termahsyur di Indonesia. Secara tidak langsung judul tersebut juga menggambarkan bagaimana pohon kelapa punya tempat tersendiri di masyarakat kita.

Ya, faktanya pohon kelapa memang menjadi “teman” bagi manusia Indonesia sejak berabad-abad yang lampau. Pohon bernama ilmiah Cocos nucifera ini memiliki banyak manfaat. Hampir seluruh bagian tubuhnya bisa digunakan manusia. Batangnya bisa digunakan untuk membuat rumah dan perabot, buahnya bisa dimakan, daunnya bisa digunakan untuk membuat wadah, dan akarnya pun bisa digunakan sebagai material kerajinan atau kayu bakar.

Kini, di dunia yang makin modern ini, berbagai benda yang dulunya memanfaatkan pohon kelapa memang sudah digantikan dengan bahan lainnya. Namun bukan berarti kelapa kehilangan tempat dalam hati masyarakat Indonesia. Sebagai pohon yang khas ditemukan di negara tropis, kelapa masihlah menjadi pohon yang ikonik. Sekarang, bagian-bagian pohon ini pun sering digunakan dalam industri yang lebih modern dan bahkan berskala ekspor. Misalnya saja dalam industri kerajinan atau craft.

Apa yang Membuat Kelapa Menarik?

Penggunaan kelapa sebagai material industri craft bukanlah tanpa alasan. Ada keunikan tersendiri yang ditawarkan bahan ini, antara lain:

  1. Memiliki kesan tropis yang sangat kuat
  2. Memiliki kekhasan yang tak dimiliki material organik lainnya
  3. Meski merupakan kayu, namun kayu pohon kelapa atau glugu memiliki daya tarik tersendiri
  4. Tersedia dalam jumlah banyak
  5. Di Indonesia, banyak yang referensi kerajinan berbasis pohon kelapa

Sampai hari ini, memang telah banyak industri kerajinan nasional yang menggunakan material kelapa, baik itu kayunya ataupun batoknya. Berikut ini beberapa contoh produk kerajinan berbasis pohon kelapa.

  1. Kerajinan patung menggunakan tempurung kelapa atau kayu kelapa
  2. Suvenir seperti gantungan kunci
  3. Berbagai jenis produk fashion seperti kalung. Bagian kelapa seperti batoknya juga sering digunakan untuk menghias baju-baju wanita
  4. Berbagai kerajinan rumahan seperti vas bunga, hiasan dinding, dan lainnya
  5. Berbagai alat musik seperti seruling

Omset atau pendapatan yang bisa diperoleh seorang pengrajin kelapa angkanya bisa demikian fantastis. Ismarofi, misalnya. Dilansir dari detik.com, pria dari Blitar tersebut mengaku mampu meraup pendapatan sampai 20 juta per bulan berkat usaha kerajinan batok kelapa yang digelutinya. Angka ini terbilang fantastis dan jelas mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Apalagi pendirian usaha-usaha seperti ini pun jelas juga mampu menyerap tenaga kerja di sekitar, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran.

Yang tak kalah menarik dari usaha kerajinan berbasis kelapa adalah sifatnya yang eco friendly. Pertama, sampai saat ini, jumlah pohon kelapa masih banyak sehingga penebangannya tidak akan merusak alam. Kedua, sampah sisa kerajinan material ini tidak mencemari lingkungan dan bahkan masih bisa digunakan untuk kebutuhan yang lainnya.

Di dunia, produk kerajinan berbasis kelapa juga sangat diminati. Banyak negara yang tak memiliki pohon kelapa menyukai produk berbasis kelapa sebab dianggap sangat menarik.

Hiasan Kelapa Gantung

Ketika Jamur Merusak Kerajinan Kelapa

Cocos nucifera memang memberikan potensi terbaiknya bagi kita. Uang jutaan rupiah pun, sebagaimana disebut di atas bisa diraup asal bisnis yang dilakukan tepat. Namun demikian, bukan berarti dalam pengolahannya kita bisa menyelepekan begitu saja. Waspada! Indonesia merupakan negara yang terletak di wilayah beriklim tropis. Fakta ini bisa berdampak positif ataupun negatif.

Positifnya, negara kita menjadi salah satu negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Keberadaan pohon kelapa pun merupakan bukti akan hal tersebut. Namun kabar buruknya, Indonesia juga menjadi “rumah” bagi banyak organisme yang sifatnya destruktif. Organisme yang biasa disebut hama tersebut begitu bervariasi mulai dari yang bersel satu sampai yang bersel banyak. Salah satu hama yang perlu diwaspadai, termasuk pada industri kerajinan berbasis kelapa adalah jamur.

Coba bayangkan, bagaimana cara mengatasi kerajinan kelapa berjamur yang jumlahnya sudah sangat banyak? Misalnya, satu gudang penyimpanan berisi hiasan dari batok kelapa telah diserang jamur seluruhnya. Apa yang mesti dilakukan ketika kita menghadapi situasi tidak menguntungkan seperti ini?

Sudah pasti kita tak bisa tinggal diam. Sebab, kerugian yang sangat besar telah menunggu di depan mata bila jamur-jamur tersebut dibiarkan saja merusak produk kerajinan.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kerajinan Kelapa Berjamur?

Ketika jamur menyerang, sudah pasti kita harus mengatasi serangan organisme tersebut. Tetapi sebenarnya, akan lebih baik bila kita mengantisipasi serangan jamur dulu dibanding bingung mengenai bagaimana cara mengatasi serangan hama ini. Pasalnya, mengatasi kerajinan kelapa berjamur jelas lebih sulit dibanding mengatasinya.

Untuk antisipasi, Anda bisa memastikan beberapa hal di bawah ini.

  1. Lakukan penyeleksian bambu dengan baik. Hindari produk yang terlalu muda, terlalu tua, rusak, atau memiliki cacat dan tanda terserang jamur
  2. Jangan gunakan bambu yang lembab apalagi basah
  3. Selalu bersihkan ruang produksi, sehingga tidak ada jamur yang mudah tumbuh ketika menempel di material bambu
  4. Gunakan bahan finishing yang memiliki feature anti fungal
  5. Terapkan treatment antijamur pada bambu, caranya dengan merendamkan bambu pada larutan fungisida atau metode lainnya tergantung produk fungisida yang digunakan

Anda bisa memastikan pencegahan serangan hama dengan hal-hal di atas. Nah, apabila jamur pada akhirnya tetap menyerang, Anda bisa menerapkan solusi di bawah ini.

Sedia Selalu BioCide Surface Film Preservative

Biocide Sfp

Solusi untuk mengatasi kerajinan kelapa berjamur tentu saja dengan menggunakan produk antijamur yang tepat. Anda harus bisa menentukan produk fungisida yang bisa membasmi jamur dengan baik. Untuk kebutuhan ini, produk yang kami rekomendasikan adalah BioCide Surface Film Preservative.

BioCide Surface Film Preservative adalah obat antijamur atau fungisida yang bisa diandalkan untuk pembasmian jamur dengan cepat dan sempurna. Produk ini sudah banyak diandalkan pelaku usaha industri woodworking seperti furniture, konstruksi bangunan, sampai kerajinan. Selain kualitasnya yang sangat baik, produk ini juga bisa Anda beli dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi, Anda tak perlu menghamburkan budget untuk mengatasi kerajinan kelapa berjamur.

Bisa Dicampur pada Bahan Finishing

Alasan kami merekomendasikan BioCide Surface Film Preservative tentu tak sekedar alasan yang disebut di atas. Sebab, produk ini juga memiliki feature menarik yang tak dimiliki produk fungisida lainnya.

BioCide SFP bisa dicampurkan ke dalam bahan finishing lho! Dengan pencampuran ini, Anda bisa membeli bahan finishing terjangkau lalu menambahkan fungisida ini. Jadi, Anda bisa menghemat banyak dana yang biasanya harus dikeluarkan untuk membeli cat khusus dengan karakter antijamur. Sangat menarik, kan? Makanya, yuk segera pesan BioCide SFP sekarang juga. Kini pembelian BioCide sudah bisa dilakukan secara online. Jadi Anda bisa lebih cepat mengatasi kerajinan kelapa berjamur dengan fungisida berkualitas ini.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.