Cara Ampuh Atasi Jamur Pelapuk Putih


( ! ) Notice: Undefined offset: 1 in /home/antijamur.net/public_html/wp-content/themes/antijamur/include/imgres.php on line 579
Call Stack
#TimeMemoryFunctionLocation
10.0001401552{main}( ).../index.php:0
20.0002403304require( '/home/antijamur.net/public_html/wp-blog-header.php' ).../index.php:17
30.246936391072require_once( '/home/antijamur.net/public_html/wp-includes/template-loader.php' ).../wp-blog-header.php:19
40.250636400616include( '/home/antijamur.net/public_html/wp-content/themes/antijamur/single.php' ).../template-loader.php:98
50.258336602320the_content( ).../single.php:29
60.258436602344apply_filters( ).../post-template.php:253
70.258436602744WP_Hook->apply_filters( ).../plugin.php:206
80.260436621888is_srcset_post( ).../class-wp-hook.php:288

Bagaimana cara mengatasi jamur pelapuk putih? Jamur pelapuk putih ialah salah satu wood decay yang patut diwaspadai. Kerusakan akibat jamur ini bisa menyebabkan sebuah perusahaan bangkrut.

Cara Mengatasi Jamur Pelapuk Putih

Jamur sebagai organisme pembusuk kayu rasanya sudah dikenal sangat luas. Meski tak tampak seperti ancaman serius. Aka tetapi pada kenyataannya, jumlah kerugian yang ditimbulkan jamur ini tidak main-main. Apalagi pada kayu dan produk kayu yang diproduksi dalam skala industri besar. Jamur momok yang selalu ditakuti.

Sekilas Mengenai Jamur Pelapuk Putih

Jamur bisa dibedakan menjadi dua berdasarkan kerusakannya, yakni jamur stain dan pelapuk (decay). Jamur pelapuk merupakan jenis jamur yang bisa menyebabkan kerusakan struktural maupun estetika pada kayu. Jamur pelapuk selanjutnya bisa dibedakan berdasarkan penampakan warna dan zat yang dicernanya.

  • Jamur pelapuk coklat merupakan jamur yang mencerna selulosa dan hemiselulosa pada sel-sel kayu.
  • Jamur pelapuk putih adalah jamur yang bukan hanya mencerna selulosa dan hemiselulosa, namun juga lignin yang menjadi penyambung antar sel kayu.

Bila dibandingkan, kerusakan yang diakibatkan jamur pelapuk putih memang tak secepat jamur pelapuk coklat. Pasalnya, jamur ini lebih lambar mencerna kayu karena juga memanfaatkan lignin. Sedangkan jamur pelapuk coklat dengan cepat merusak kayu dan hanya meninggalkan lignin dalam bentuk serbuk kayu.

Akan tetapi, bukan berarti keberadaan jamur putih bisa disepelekan. biarpun lebih lambat, kerusakan yang terjadi tetap harus diwaspadai.

5 Langkah Mengatasi Jamur Pelapuk Coklat

Berikut ini 5 langkah mudah mengatasi jamur pelapuk putih

  • Menerapkan Treatment Anti Jamur pada Kayu

Microcide 100/100 EC Microcide 100/100 EC

Treatment pengawetan kayu anti jamur sangat penting dilakukan untuk mencegah tumbuhnya jamur. Prinsip treatment ini adalah memasukkan bahan anti jamur pada jaringan atau substrat kayu sehingga jamur tak tumbuh. Karena itu, treatment ini sangat memerlukan anti jamur yang bagus seperti Microcide. Tanpa anti jamur yang bagus, fungisida yang sudah meresap tak akan memberikan perbedaan apa-apa.

  • Meminimalisir Kontak Kayu dan Air

Air adalah salah satu faktor vital tumbuhnya jamur. Jadi, pastikan kayu serta produk kayu jarang kontak langsung dengan air.

  • Segera Mengeringkan Kayu yang Baru Ditebang

Kayu yang baru ditebang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Hendaknya kayu-kayu tersebut segera dikeringkan. Bawa kayu di udara terbuka agar terpapar di bawah sinar matahari sehingga air dalam material tidak menguap dan tak lagi memicu jamur tumbuh.

  • Meletakkan Kayu di Tempat dengan Ventilasi Udara Baik

Uap air banyak terdapat di udara dan bisa memicu jamur tumbuh. Karena itu, kayu dan produk kayu juga perlu diletakkan di tempat dengan ventilasi yang baik.a

  • Mengecat Kayu dan Mengecat Ulang Ketika Lapisan Cat Rusak

Lapisan cat bisa menghambat pertumbuhan jamur, termasuk jamur pelapuk kayu. Namun sebelumnya, pastikan memilih cat yang tak mudah berjamur.

Demikian cara mengatasi jamur pelapuk putih yang kami rekomendasikan untuk Anda. Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.