jamur hitam yang sangat berbahaya untuk kesehatan

Bahan Pengawet Kayu Pinus Agar Tahan Terhadap Jamur Permukaan

kayu pinus

Pengawetan atau treatment merupakan proses wajib yang harus dijalani oleh setiap industri pengolahan kayu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi serangan serangga, jamur, atau lumut agar kualitas bahan baku tetap terjaga. Kayu pinus menjadi salah satu bahan baku yang rentan akan kerusakan akibat hama-hama tersebut. Tingkat kelembapan dan getah gum yang tinggi juga menjadi sebab serangan hama karena kayu menjadi media yang subur untuk tumbuhnya jamur, dan kumbang bubuk.

Kayu jenis pinus merupakan bahan baku yang cocok untuk furniture interior. Furniture dari pinus jika diletakkan di tanah, terpapar sinar matahari atau hujan secara terus menerus akan cepat lapuk. Oleh karena itu, sumber daya alam ini sering digunakan untuk membuat tempat tidur, almari dapur, meja tamu, dll. Selain faktor diatas, pemilihan kayu ini di sebabkan oleh serat kayu yang halus dan mudah diolah.

Waspada Jamur Permukaan pada Kayu Pinus

lantai kayu dari pinus

Kayu pinus memiliki warna kayu merah kecoklatan. Sementara, kayu gubal berwarna kuning dan krem. Jenis bahan baku ini ternyata tidak tahan terhadap kelembaban tinggi pada ruangan tertutup. Ruangan tanpa adanya sinar matahari secara tidak langsung akan mengundang jamur dan lumut. Serangan jamur pada pinus ada dua macam yaitu jamur substrat dan jamur permukaan.

Jenis jamur yang menyerang substrat kayu disebut dengan serangan blue stain dan white stain. Hal ini dikarenakan oleh warna dari jamur itu berupa biru atau putih.  Sementara itu, jamur permukaan sifatnya hanya merusak tampilan kayu. Proses pengawetan dari untuk mencegah serangan jamur ini sangat mudah. Bahan antijamur permukaan dicampur dengan top coat. Sehingga, proses pengawetan dilakukan pada proses finishing kayu.

Tips Pengawetan Kayu Menggunakan Biocide Antijamur Permukaan dan Antilumut

Proses pengawetan kayu pinus dari hama ini dapat menggunakan Biocide antijamur permukaan dan antilumut. Produk yang dimiliki oleh perusahaan Bio Industries ini memiliki tiga keunggulan utama. Bahan pengawet kayu ini dapat dicampur menggunakan air. Selain itu, produk ini dapat dicampur pada top coat sehingga penggunaannya pada saat proses finishing. Kelebihan lain dari bahan pengawet ini ialah relatif aman dan ramah lingkungan.

Biocide antijamur permukaan dan antilumut dapat diperoleh melalui wa yang ada di webssite ini Selain itu, produk ini dapat dibeli langsung di kantor pusat Bio Industri Omnipresen di jl. Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya