Obat Anti Jamur Kayu Ini Dapat Menambah 5 Kali Lipat Keawetan Kayu Sengon

Agar kayu sengon dapat digunakan dengan baik, maka kayu sengon harus diberi obat anti jamur. Treatment ini dengan bahan yang berkualitas sangat diperlukan, bahan obat anti jamur kayu dengan stabilitas dan daya serap tinggi.

All About Kayu Sengon

Nama ilmiah tanaman ini adalah Paraserianthes falcataria. Di Indonesia, kita mengenalnya dengan nama sengon. Tanaman ini termasuk salah satu jenis tanaman perintis. Ia mampu tumbuh di daerah-daerah di mana tanaman lain sulit tumbuh. Makanya, masyarakat sering menanamnya untuk kebutuhan komersil atau sekadar untuk kayu bakar saja.

Sengon sendiri sebetulnya merupakan kayu yang potensial untuk digunakan. Kualitas kayunya meski tidak sebaik kayu yang lain, namun masih bisa diterima dalam industri panel dan woodworking pada umumnya.

Dilihat dari penampakannya, sengon mampu tumbuh menjadi pohon yang cukup tinggi, yakni 40 meter. Area bebas cabangnya bisa mencapai 20 meter. Adapun, diameternya bisa di atas 100 cm.

Klasifikasi Ilmiah dan Penamaan Paraserianthes falcataria

Marga: Fabaceae
Submarga: Mimosoideae

  1. Nama umum:
  2. Jeungjing, sengon laut (Jawa)
  3. Bae, bai, wahogon, wai, wikkie (Papua)
  4. Tedehu pute (Sulawesi)
  5. Puah (Brunei)
  6. Rare, selawoku, selawaku merah, seka, sika, sika bot, sikas, tawa sela (Maluku)
  7. White albizia (Papua Nugini)
  8. Albizia, batai, Indonesian albizia, paraserianthes, peacock plume, white albizia (Inggris)
  9. Kayu machis (Malaysia)
  10. Falcata, moluccansau (Filipina)

Persebaran

Tanaman ini tersebar di berbagai wilayah Asia dan Australia. Kita bisa menemukan tanaman Falcata ini di Maluku, Sulawesi, Papua, Filipina, Malaysia, Australia, hingga Kepulauan Solomon.

Ciri Kayu

Beberapa ciri yang khas pada sengon antara lain adalah:

  1. Merupakan kayu ringan dan lunak
  2. Tak terlihat perbedaan warna mencolok antara kayu gubal dan teras saat pohon masih muda. Namun ketika usia pohon semakin tua, perbedaan gubal dan teras terlihat semakin jelas. Kayu terasnya sendiri umumnya berwarna lebih tua dengan warna kuning muda hingga coklat kemerahan (kadang juga putih).
  3. Keawetan kayu sengon tergolong rendah. Namun bisa diatasi dengan treatment pengawetan yang baik. Sengon yang tak diawetkan hanya bisa bertahan kurang dari 5 tahun. Namun setelah diawetkan, kayu tersebut bisa bertahan hingga 15 tahun dalam iklim tropis.
  4. Serat kayu lurus atau saling bertautan.
  5. Teksturnya kasar namun seragam.

Pemanfaatan Sengon

Hingga hari ini, sengon sudah digunakan untuk berbagai kebutuhan, antara lain:

  1. Digunakan untuk membuat beragam jenis furniture dari meja, kursi, almari, dan masih banyak lagi.
  2. Digunakan untuk membuat pintu dan jendela, juga kusen
  3. Digunakan dalam industri panel
  4. Dipakai untuk membuat berbagai jenis kayu olahan seperti MDF, tripleks, hingga veneer
  5. Digunakan untuk membuat souvenir dan berbagai jenis kerajinan
  6. Digunakan untuk pembuatan bubur kertas
    Pemanfaatan kayu sengon ini masih terus dikembangkan hingga hari ini. Apalagi ketika industri woodworking semakin maju.

Perlunya Pengawetan Kayu Sengon

Seperti diperlihatkan di atas, keawetan kayu sengon tergolong sangat rendah. Artinya, kayu ini rentan rusak oleh berbagai jenis hama, baik itu hama serangga seperti rayap sampai hama jamur seperti blue stain.

Fungisida Biocide Wood Fungicide

Kayu sengon permukaannya harus dilapisi dengan bahan pengawet atau obat anti jamur kayu agar tidak mudah diserang jamur dan serangga perusak kayu. Secara garis besar ada tiga cara pengawetan yang bisa dilakukan, yaitu pengawetan dengan bahan kimia, pengawetan sederhana dan cara pengawetan khusus atau proses vakum-tekan.

Pengawetan sederhana merupakan pilihan yang paling praktis dan peralatan yang digunakan relatif murah. Sedangkan pengawetan dengan proses vakum-tekan diperlukan peralatan khusus yang harganya relatif mahal. Pengawetan dimaksudkan untuk memasukan bahan pengawet ke dalam kayu agar dapat ditingkatkan daya tahan kayu sesuai yang  dipersyaratkan dalam standar.

Dengan pengawetan yang baik, jenis kayu kurang awet dapat ditingkatkan umur pakainya menjadi 5 kali lipat. Pemberian obat anti jamur kayu sengon bisa dilakukan dengan beberapa cara sama seperti halnya pengawetan kayu pada umumnya, diantaranya dengan menggunakan perendaman dengan bahan kimia. Bahan kimia yang dimaksud tentu saja bahan yang aman dan ramah lingkungan. Cara ini juga lebih murah dan sederhana, tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Obat Anti Jamur Kayu Sengon Murah dan Efektif

Bahan anti jamur yang direkomendasikan adalah BioCide Wood Fungicide, bahan yang aman dan ramah lingkungan. Selain itu, juga tidak korosif. Mempunyai nlangkah aplikasi yang mudah. Pertama, larutkan BioCide Wood Fungicide dengan air bersih dengan konsentrasi 0,5 – 1,0%. Kedua, rendam sawn timber kayu sengon dalam larutan BioCide Wood Fungicide 0,5% -1,0% %.selama 1 – 2 menit. Ketiga, dalam musim kemarau Konsentrasi BioCide Wood Fungicide 0,5% dan dalam musim hujan Konsentrasi BioCide Wood Fungicide 1,0% – 1,5%. Keempat, kondisi pH larutan dianjurkan 4-6–. Terakhir, setiap 2 minggu – 1 bulan bak celup dibersihkan /dikuras.

Efektif Cegah Jamur Blue Stain

BioCide Wood Fungicide sejatinya merupakan fungisida yang secara spesifik dapat dipakai untuk mencegah jamur blue stain dan jamur noda lainnya. Blue stain fungus pada dasarnya tidak menyebabkan pelapukan yang cepat. Akan tetapi, jamur ini bisa menyebabkan fenomena discoloration atau perubahan warna.

Efek Jamur Kayu

Fenomena ini akan sangat merugikan petani hingga produsen woodworking. Sebab, kayu yang tadinya indah, menjadi terlihat jelek. Perubahan warna juga bisa menyebar kemana-mana termasuk ke kayu yang awalnya tampak sehat.

Serangan jamur blue stain in hanya bisa diatasi dengan aplikasi pencerah kayu atau wood bleaching. Kami pun di antijamur.net menyediakan WA-250 sebagai wood bleaching yang bagus. Namun demikian, untuk mencegahnya, sebaiknya diaplikasikan BioCide Wood Fungicide sejak setelah kayu ditebang.

Beberapa Keunggulan Lainnya

Masih banyak keunggulan yang bisa di dapat selain langkah aplikasi yang mudah,yakni  efektif dan stabil untuk jangka waktu cukup lama. Bagi Anda yang mempunyai rumah produksi furniture atau mebel, produk ini esuai untuk industri woodworking. Selai  itu,  dapat diaplikasikan pada berbagai media dan kombinasi anti bakteri dan anti jamur. Sebuah formulasi pengawet kayu sengon ideal dengan  toksisitas rendah dan ramah lingkungan. Selain itu, keunggulan obat anti jamur kayu ini yang paling penting adalah memiliki stabilitas tinggi.

BioCide Wood Fungicide dapat digunakan pada media kayu (log dan gergajian), bambu, natural fiber, rotan. Produk pengawet kayu ini dapat dilarutkan dengan air atau minyak (solvent). Jika Anda tertarik membuat kualitas kayu sengon 5 kali lipat lebih awet, segera gunakan produk obat anti jamur kayu sengon ini dengan menghubungi kontak yang tersedia.

Untuk Jamur Permukaan di Kayu Sengon, Atasi dengan BioCide SFP

BioCide Wood Fungicide sangat bisa digunakan untuk mencegah serangan jamur stain pada kayu sengon. Tapi bagaimana dengan serangan jamur permukaan?

Jamur permukaan mendapatkan namanya karena sering muncul di permukaan produk kayu seperti mebel, kerajinan, hingga tripleks. Jenis jamur ini teramsuk jamur pelapuk yang bila dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan pembusukan pada kayu.

Nah, untuk mencegah sekaligus mengatasi jamur ini, kami sedia BioCide Surface Film Preservative. Sebagai obat pembasmi jamur, Anda bisa menggunakannya dengan mengoleskannya langsung di area yang terkena hama tersebut. Sedangkan sebagai obat pencegah jamur, Anda bisa mencapurkan BioCide pada bahan finishing water based yang cocok.

Tapi ingat ya, baik dalam aplikasi BioCide Wood Fungicide ataupun BioCide SFP, pastikan menggunakan alat pelindung yang standar. Setelah penggunaan, jangan lupa menyimpan BioCide di tempat yang baik, tidak panas, jauh dari jangkauan anak, jauh dari api, dan jauh dari kondisi membahayakan lainnya.

Kayu Sengon

Tabel BioCide Wood Fungicide, WA-250, dan BioCide SFP

Varian Produk Fungsi Cara Penggunaan
BioCide Wood Fungicide Merupakan anti jamur stain. Produk ini bisa dipakai selepas kayu sengon ditebang. Sebab momen pasca penebangan merupakan momen di mana resiko serangan jamur blue stain sangat tinggi. Selanjutnya, untuk meningkatkan keawetan kayu sengon, BioCide bisa diaplikasikan dalam treatment perendaman dan vakum tekan. Dioleskan, dijadikan larutan perendaman, digunakan dalam sistem vakum tekan.
WA-250 Merupakan bleaching atau pemutih kayu tanpa hidrogen peroksida. Selain bsia digunakan untuk menyamarkan noda blue stain, WA-250 bisa digunakan untuk menyeragamnkan warna kayu dan mencerahkan warna sengon secara umum.
BioCide Surface Film Preservative Merupakan produk antijamur permukaan yang tergolong jamur pelapuk. BioCide SFP juga memiliki fungsi anti lumut sehingga keawetan kayu sengon akan bertambah secara signifikan. Dioleskan ke area yang berjamur dan dicampurkan ke bahan finishing berbasis air yang cocok seperti BioVarnish.

Cara Pembelian BioCide dan WA-250

Mari beli BioCide Wood Fungicide, BioCide SFP, dan WA-250 sekarang juga. Kini pembelian ketiga produk tersebut bisa dilakukan dengan sangat mudah. Selain bisa membeli secara langsung di Bio Service Point Yogya, Jepara, dan Cirebon, Anda juga bisa membeli secara online.

Wa-250

Ya, Anda tinggal menghubungi Customer Service kami saja. CS kami akan memandu Anda dengan ramah, profesional, dan juga cepat.

Ringkasan

  1. Kayu sengon adalah kayu yang sangat potensial digunakan untuk membuat berbagai produk. Kayu ini bisa dipakai untuk membuat kerajinan, mebel, veneer, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  2. Sayangnya, sengon bukan tergolong kayu yang awet. Keawetan kayu sengon tergolong sangat rendah karena berada dalam grade III bahkan IV.
  3. Untuk meningkatkan keawetan kayu ini, diperlukan beberapa usaha. Salah satunya aplikasi BioCide Wood Fungicide dan BioCide SFP.

Semoga informasi di artikel ini bermanfaat untuk Anda ya. Terus ikuti berbagai informasi menarik lainnya di antijamur. Selain bahasan mengenai keawetan kayu sengon, kami masih akan update dengan aneka tips menarik lainnya.

Artikel "Antijamur Kayu BioCide"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.