Jual Obat Anti Jamur Kayu Sengon Murah

Mengatasi jamur pada kayu sengon memang gampang-gampang mudah, cara yang paling bagus adalah sebelum diproses aplikasikan obat anti jamur kayu sengon terlebih dahulu.

Pohon sengon atau juga dikenal kayu albasia merupakan jenis pohon yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti India, China Selatan, Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Biasanya batang pada pohon ini banyak digunakan untuk kontruksi, papan serat, kayu lapis, batang korek api, pensil dan lain-lain.

Karena jenis kayunya yang tidak mudah keras sehingga sangat rentan serangga dan jamur. Jenis kayu ini juga tidak kuat terhadap air sehingga sangat rawan jika tidak diberikan obat anti jamur kayu sengon terlebih dahulu sebelum diproses.

Pembudidayaan pohon sengon saat ini pun telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sebab jenis pohon ini sangat mudah untuk dikembangkan, cepat dan sangat serbaguna. Pohon ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu 18°-27°C dengan pH tanah sekitar 6-7. Bentuk batang pada pohon ini adalah bulat dan tidak berbanir dengan permukaan batang berwarna kelabu dan tidak mengelupas.

Namun dalam pertumbuhannya, pohon ini sangat rawan terhadap penyakit diantaranya disebabkan oleh jamur seperti jamur Uromycladium tepperianum (karat puru), jamur upas dan jamur akar merah.

Penyakit karat puru biasanya  ditandai degan pembengkakan yang menyerang pada cabang, pucuk ranting dan tangkai. Untuk mengatasinya adalah dengan pemangkasan bibit. Jamur upas sendiri yang dapat menyebabkan kecacatan fisik pada kayu sebab dapat menyebabkan batang pohon berubah dan pecah-pecah. Cara mengatasinya adalah tebang bagian yang terserang jamur ini.

Jamur-jamur diatas merupakan jenis jamur yang sering dijumpai selama proses penanaman, namun bagaimana dengan jamur yang menyerang ketika pohon sengon sudah ditebang dan akan disimpan. Jamur yang dapat merusak kayu diantaranya adalah blue stain, jamur perusak kayu dan jamur permukaan.

Cara mengatasi jamur yang menyerang pada log kayu adalah diberikan obat anti jamur kayu sengon. Biasanya industri atau pengusaha kayu mengaplikasikan obat anti jamur kimia atau pestisida dengan cara disemprotkan pada permukaan kayu. Namun, cara ini kurang efektif untuk membasmi jamur seperti jamur perusak. Cara yang paling tepat untuk membasmi jamur tersebut adalah dengan cara direndam.

Obat anti jamur kayu sengon memang sangat bagus jika digunakan sebelum kayu diproses atau bahkan disimpan. Sebab untuk mengantisipasi kayu tersebut terserang blue stain atau jamur yang lainnya.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn