Mengenal Seluk Beluk Sanitasi Hotel yang Wajib Diketahui

Apa itu sanitasi hotel dan mengapa hal itu perlu dilakukan?

Dibangun untuk menarik banyak keuntungan, tentu saja kondisi hotel harus selalu dalam keadaan baik.

Pengertian Hotel dan Sanitasi Hotel

Hotel adalah tempat yang digunakan untuk menginap bagi publik dan dikelola dengan tujuan komersil. Pada bangunan hotel, tersedia kamar-kamar penginapan. Fasilitas lainnya yang biasanya disediakan antara lain adalah makanan, minuman, beberapa fasilitas hiburan seperti kolam renang, sampai fasilitas kantor seperti ruang rapat.

Hotel memegang peran sangat penting bagi industri pariwisata. Tingkat kenyamanan yang disediakan hotel dan faktor lainnya akan memengaruhi persepsi masyarakat terhadap suatu lokasi wisata. Untuk menciptakan suasana hotel yang baik sendiri, beberapa usaha bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menciptakan kondisi hotel yang tersanitasi dengan baik.

Sanitasi bisa diartikan sebagai usaha pencegahan (preventif) untuk menciptakan lingkungan hidup manusia yang tidak membahayakan kesehatan. Penerapan sanitasi hotel memiliki landasan hukum pada Peranturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Dengan demikian, usaha sanitasi pada bisnis hotel harus betul-betul diupayakan.

Poin-poin Sanitasi Hotel

Ada sangat banyak usaha untuk menciptakan hotel yang tersanitasi dengan baik. Berikut ini adalah contoh poin sanitasi untuk hotel secara umum.

sanitasi hotel

Sasaran sanitasi umum ini meliputi:

Bangunan atau gedung hotel

  1. Bangunan hotel harus memiliki kekuatan dan kekokohan yang baik. Bangunan tidak boleh menjadi sarang hama seperti serangga dan tikus. Penggunaan harus sesuai fungsi, konstruksi lantai tidak lincin dan bersih, bagian tempat pengaliran air harus miring, dinding harus bersih dan juga kedap air.
  2. Atap. Atap bangunan hotel harus kuat serta tidak bocor. Atap juga tidak tergenangi air ketika terjadi hujan atau paparan air lainnya.
  3. Langit-langit memiliki keringgian minimal 2,5 meter.
  4. Pintu bisa dibuka serta ditutup dan dikunci dengan baik.

Pencahayaan

  1. Ruang untuk kegiatan dengan resiko kecelakaan tinggi > 300 lux
  2. Lampu untuk tamu > 60 lux
  3. Lampu untuk tidur > 5 lux
  4. Lampu untuk baca > 100 lux
  5. Lampu relax > 30 lux

Fasilitas hotel (contoh kebersihan tirai, karpet, dan mebel)

Sanitasi kamar

Syarat sanitasi kamar hotel meliputi :

alterntif text
  1. Kebersihan umum
  2. Kebersihan fasilitas yang tersedia di kamar.

Kebersihan Umum Kamar

Kamar harus selalu bersih dari debu sampai zat kimia. Pengotoran dihilangkan dengan menyapu serta membersihkan ruangan termasuk furniture kamar secara rutin. Pengotoran oleh zat kimia harus dibersihkan menggunakan bahan yang tepat. Sedangkan pengotoran oleh faktor biotik seperti lumut dan jamur sebaiknya dicegah dulu baru kemudian diperbaiki.

Kebersihan dan persyaratan fasilitas dan peralatan kamar meliputi

  1. Urinoir
  2. Kamar mandi
  3. Kamar tidur
  4. Penerangan

Urinoir dan WC

Persyaratan untuk WC dan urinoir:

  1. Bersih serta tak bau
  2. Tipe water seal serta dilengkapi dengan tempat cuci tangan.
  3. Tersedia kertas toilet pada hotel bertaraf internasional
  4. Harus di disinfeksi baik tiap kali tamu check out.

sanitasi hotel

Kamar Mandi

Persyaratan untuk kamar mandi :

  1. Bersih serta tak bau
  2. Lantai tak licin
  3. Material terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan serta kedap air
  4. Dinding kedap air
  5. Bila terdapat bath tubo harus dilengkapi dengan shower, keran air dingin serta keran air panas, tirai penutup, kaca, dan juga keset..

Tempat Tidur

  1. Ruangan tidak pengap dan tidak bau.
  2. Bebas kuman-kuman penyebab penyakit
  3. Bersih dan rapi.
  4. Suhunya 18-28 0 c.
  5. Kelembaban 40-70 %
  6. Bagian yang semi transparan atau tembus pandang dilengkapi dengan tirai.

Penerangan

  1. Penerangan mampu memberikan suasana tenang.
  2. Tak menyilaukan
  3. Perlu dipasang kop pada jenis lampu yang menyilaukan tempat tidur.

BioCide Bantu Cegah Serangga Hama di Hotel

Hama merupakan salah satu ancaman terhadap upaya sanitasi hotel yang baik. Oleh karenanya, pencegahan terhadap hama seharusnya menjadi salah satu poin yang betul-betul diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa contoh hama yang sering mengganggu usaha hotel.

  1. Rayap
  2. Semut
  3. Jamur
  4. Tikus
  5. Kecoa
  6. Kutu
  7. Lumut

Pencegahan dan cara mengatasi hama-hama seperti ini tentu harus dilakukan secara cermat dan tepat. Untuk itu, kami menyediakan produk antihama yang bisa Anda gunakan. Produk tersebut adalah BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide?

Didesain dengan formula dasar cypermethrin 100 EC, BioCide Insecticide adalah insektisida yang bisa digunakan untuk mengawetkan produk kayu dan melindungi bangunan dari hama serangga seperti rayap dan juga semut. Anda bisa menggunakan produk ini dengan lebih hemat karena konsentrasinya sangat tinggi dan dalam penggunaannya bisa diencerkan. Pengenceran juga bisa dilakukan menggunakan air sehingga lebih aman dan juga tidak boros (Anda tidak perlu membeli larutan solvent).

Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Untuk menggunakan BioCide, terdapat tiga metode yang bisa dilakukan tergantung tujuan pemakaiannya.

  1. Untuk treatment pengawetan, BioCide Insecticide bisa dijadikan larutan di mana kayu nantinya direndam atau dikuas menggunakan larutan tersebut.
  2. Untuk treatment perlindungan konstruksi, bisa diaplikasikan pada sistem injeksi atau sistem anti hama lain yang diterapkan pada bangunan terkait.
  3. Untuk pembasmian hama, bisa dilakukan cukup dengan menyiramkan BioCide Insecticide.

Cara Pesan BioCide

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk memesan BioCide. Pertama, Anda bisa melakukan pembelian secara langsung. Pembelian dengan cara ini bisa dilakukan dengan mengunjungi Bio Service Point di Jepara, Cirebon, dan juga Yogyakarta. Selain itu, Anda juga bisa membeli via agen kami. Untuk mengetahui di mana saja lokasi agen kami, hubungi Customer Service.

Selain itu, Anda juga bisa memesan secara online. Pembelian secara online dapat dilakukan dengan mudah dan sangat transparan. Langsung saja hubungi Customer Service kami. Pasca pembelian, Anda juga bisa berkonsultasi gratis mengenai penggunaan produk fungisida ini.

Dengan BioCide, sanitasi hotel pasti akan lebih optimal dilakukan!

Kesimpulan

Hotel merupakan salah satu bangunan rekreatif yang ditujukan untuk mengumpulkan pundi-pundi keuntungan. Tempat penginapan ini pun tak bisa dikelola secara sembarangan. Diperlukan standar tertentu supaya para pelanggan merasa nyaman. Dengan demikian, pihak hotel pun mendapatkan nama baik di mata pelanggan sehingga popularitasnya tumbuh secara positif.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan pihak pengelola adalah masalah sanitasi hotel. Istilah tersebut bisa diartikan sebagai …

Tapi ingat, selain sanitasi hotel, Anda juga perlu secara khusus memperhatikan serangan jamur. Jamur bisa tumbuh pada dinding, mebel, lantai, dan berbagai bagian hotel lainnya. Tak hanya membuat hotel kurang menarik, adanya jamur juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Bila ada pengunjung yang alergi atau terkena dampak dari organisme ini, sudah pasti nama baik hotel dipertaruhkan. Oleh karena itulah, lakukan pengendalian antifungal secara mandiri. Gunakan produk antijamur yang bagus, BioCide Surface Film Preservative. BioCide bisa digunakan untuk membasmi jamur dengan cepat dan mudah. Produk ini juga bisa dicampurkan ke dalam cat water based lho. Sangat menarik, bukan?

Nah, itulah informasi yang bisa kami sajikan mengenai sanitasi hotel. Semoga bermanfaat, ya!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn