Kenali Struktur dan Manfaat Mesin Jointer di Sini!

Salah satu mesin yang banyak digunakan dalam industri woodworking adalah mesin jointer. Seperti apa mesin ini? Dan apa bedanya dengan mesin planer atau ketam, ya?

Keseluruhan proses dan usaha pengolahan kayu terangkum dalam industri woodworking. Sebagaimana namanya, industri ini fokus pada pengolahan kayu log (gelondongan) hingga menghasilkan produk kayu yang memiliki nilai jual di masyarakat. Misalnya aneka meja, kerajinan dinding, sampai bahan untuk dinding bangunan.

Seiring berjalannya waktu, industri pengolahan kayu ini terus meningkat pesat perkembangannya. Apalagi, seiring dengan demand di masyarakat, industri ini juga mendapatkan pundi-pundi keuntungan yang tidak sedikit.

Perusahaan pun berlomba-lomba. Berbagai inovasi dihasilkan agar proses pengolahan semakin profitable. Tak terkecuali inovasi di bidang peralatannya. Misalnya saja mesin jointer.

Mesin ini termasuk salah satu mesin modern yang mampu mengurangi lama dan tenaga pengolahan kayu. Seperti apa mesin ini dan apa saja fungsinya? Nah, di kesempatan ini, antijamur.net akan khusus membahasnya untuk Anda.

Pengertian Mesin Jointer

Mesin ini memiliki bentuk seperti meja yang gemuk. Tingginya kurang lebih sepinggang hingga dada manusia. Dan di bagian atasnya, terdapat dua papan meja yang terpisah tapi disatukan di bagian tengah. Ketika kita perhatikan lebih lekat, di antara kedua papan meja itu terdapat sebuah mata pisau yang dapat berputar ketika mesin dinyalakan.

Yang lebih menarik, kedua papan juga bisa diatur perbedaan tingginya. Dan nanti ketika hendak digunakan, kita bisa melewatkan kayu di antara dua papan yang tinggia berbeda tersebut. Tujuannya? Tentu saja tujuannya agar permukaan kayu menjadi lebih rata. Ya, jadi dapat dikatakan bahwa jointer adalah sebuah mesin pengolahan kayu yang digunakan untuk meratakan permukaan kayu.

Guna Mesin Jointer

Mesin Jointer

Secara umum, seperti diterangkan di atas, mesin ini memiliki fungsi untuk meratakan permukaan kayu. Akan tetapi, bila kita gali lebih jauh, fungsi perataan kayu itu akhirnya akan berimbas sangat baik pada:

1. Bentuk produk kayu yang akan lebih presisi karena permukaan komponen kayunya rata.
2. Hasil finishing yang lebih baik. Secara umum, hasil finishing akan terlihat semakin bagus apabila permukaan kayu yang dicat rata.
3. Estetika produk kayu secara umum menjadi semakin bagus.

alterntif text

Dari sisi proses pengolahan kayu, keberadaan mesin ini akan sangat membantu kerja pengrajin. Bayangkan, Anda memiliki proyek untuk membuat 100 meja pesanan untuk sekolah terdekat. Anda pun segera membeli kayu di tempat biasa. Tapi kayu-kayu tersebut memiliki permukaan yang permukaannya sama sekali tidak rata. Bila Anda harus mengolahnya satu per satu, jelas menghabiskan energi dan waktu. Jadi, akan lebih baik bila menggunakan mesin jointer saja.

Perbedaan dengan Mesin Ketam

Banyak orang yang menyamakan mesin jointer dengan mesin ketam. Padahal keduanya sangat berlainan.

Mesin ketam atau planner adalah mesin yang didesain untuk menyeragamkan ketebalan kayu. Biasanya mesin ini memiliki mesin yang bekerja di bagian bawah, bukan di atas seperti jointer. Kayu akan dilewatkan di semacam bukaan lubang sehingga nanti dipotong supaya ketebalannya seragam.

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung: apa bedanya menyeragamkan ketebalan kayu dengan menyamakan permukaannya? Misalnya begini. Anda memiliki kayu yang miring tapi tebalnya sama. Satu-satunya masalah cuma miring saja.

Apa mesin yang bisa mengatasi masalah itu? Jointer atau planer? Jawabannya adalah jointer. Sebab yang jadi persoalan adalah permukaannya yang tidak lurus atau rata. Sedangkan ketebalan kayu masih sama.

Perlu Beli Mesin Jointer Tidak?

Tergantung kebutuhan Anda. Bila Anda memiliki proyek yang banyak dengan tenggat yang cepat, maka mungkin Anda perlu berpikir untuk membeli mesin ini. Namun bila Anda masih merintis usaha furniture kecil-kecilan, tanpa karyawan kecuali Anda sendiri, kami tak begitu merekomendasikannya.

Pasalnya, tak dapat dipungkiri bahwa mesin ini lumayan menguras kocek. Anda akan rugi apabila membelinya namun pada akhirnya hanya memakai untuk satu dua kebutuhan saja.

Mesin Jointer

Kalau untuk Fungisida, Andalkan BioCide!

Mesin jointer adalah mesin yang diperlukan apabila kebutuhan Anda besar, atau Anda ingin proses pengolahan kayu lebih cepat. Nah, selain perkara mesin ini, Anda juga perlu memerhatikan aspek lainnya dalam industri woodworking. Salah satunya terkait dengan masalah hama jamur.

Jamur merupakan faktor utama yang dapat merusak produk kayu. Di Amerika Serikat saja, kerusakan akibat serangan jamur bisa mencapai milyaran US dollar. Apalagi di Indonesia di mana iklimnya lembab dan spora jamur yang ditemukan sangatlah banyak.

Nah, untuk mengatasi masalah jamur ini, kami sedia dua produk fungisida yang bisa Anda gunakan. Keduanya adalah BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative

BioCide Wood Fungicide dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah jamur blue stain. Kayu yang terserang jamur stain akan mengalami kerusakan estetika karena terjadi perubahan warna. Oleh karena itu, perlu pencegahan yang efektif dengan menggunakan BioCide Wood Fungicide.

Adapun, BioCide Surface Film Preservative adalah fungisida yang dapat digunakan untuk mencegah jamur permukaan. Jamur permukaan bisa membusukkan kayu bila dibiarkan terlalu lama. Jamur ini awalnya tumbuh di permukaan sebuah benda karena faktor kelembaban yang tinggi dan lingkungan kotor.

BioCide Surface Film Preservative dapat digunakan dengan cara diusapkan langsung ke permukaan kayu. Atau, produk ini juga bisa digunakan dengan dicampurkan ke dalam bahan finishing water based.

Pesan Sekarang Yuk!

Mari pesan sekarang juga BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative. Kedua produk ini bisa Anda pesan dengan mudah di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon.

Namun di sisi lain, Anda juga bisa membeli secara online, lho. Caranya:

1. Menghubungi Customer Service
2. Memberikan data yang diperlukan berupa nama Anda, alamat Anda, dan juga jumlah BioCide yang hendak dibeli
3. Melakukan pembayaran sesuai dengan keterangan yang diberikan oleh CS kami
4. Mengirim bukti pembayaran
5. Mendapatkan nomor resi pengiriman setelah pesanan diproses dan menunggu produk sampai di tempat Anda.

Kesimpulan

1. Industri pengolahan kayu adalah salah satu industri paling profitable di dunia.
2. Perkembangan industri woodworking juga begitu pesat. Berbagai inovasi hadir termasuk dalam perkembangan alat-alatnya.
3. Salah satu alat yang menghadirkan banyak manfaat di industri ini adalah mesin jointer. Alat ini memiliki fungsi untuk meratakan permukaan kayu.
4. Sayangnya, mesin ini sering disamakan dengan mesin ketam yang fungsinya adalah untuk menyamakan ketebalan kayu.
5. Untuk pembeliannya sendiri, sebaiknya Anda menimbang kebutuhan Anda. Sebab tak dapat dipungkiri bahwa alat ini lumayan mahal.

Kiranya, itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mesin jointer. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Jangan lupa gunakan Biocide untuk kayu yang tahan serangan jamur.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!