Pengawet Makanan Antijamur Silica yang Aman Digunakan

Bentuknya sangat kecil, tapi jangan salah, pengawet makanan antijamur silica memiliki performa yang luar biasa.

Industri makanan merupakan salah satu industri terbesar sekaligus tertua di dunia. Tak mengherankan sebab makanan adalah kebutuhan primer manusia. Seseorang bisa bertahan hidup tanpa mobil atau rumah yang mewah. Tapi makanan? Bukan hanya manusia, setiap living organism pasti membutuhkan supply makanan.

Kebutuhan yang tinggi akan makanan telah secara tidak langsung memajukan industri makanan. Berbagai inovasi lahir, berbagai peralatan diciptakan, dan berbagai bahan ditemukan untuk meningkatkan kualitas industri ini.

Salah satu bahan tersebut adalah silikon dioksida. Anda mungkin merasa asing dengan istilah ini. Sebab, biasanya di pasaran, bahan tersebut dikenal dengan nama silica saja.

Apa itu Silica alias Silicon Dioksida?

Silica sering ditemui dalam bungkus kotak kecil. Pada bungkus tersebut umumnya tertera tulisan “Do Not Eat.” Kita sering mendapatinya saat membeli sepatu baru, kamera baru, hingga ponsel baru. Ketika kita membuka bungkusan tersebut, akan tampak butiran atau serpihan berwarna transparan hingga coklat muda. Nah, inilah yang dinamai silica.

quartz
quartz

Silica bisa dibedakan menjadi dua. Yang pertama adalah silica natural dan yang kedua adalah silica gel. Silica gel merupakan gel dengan bahan silica yang dibuat secara sintetis. Adapun silica natural diambil dari mineral di alam.

Di muka bumi ini, sebetulnya silica merupakan bahan yang jumlahnya cukup banyak. Setidaknya 10% dari massa bumi merupakan silikon dioksida, dan di alam bahan ini biasa disebut dengan istilah quartz.

Kegunaan Silica di Berbagai Bidang

Silikon dioksida telah digunakan di berbagai bidang kehidupan manusia. Misalnya dalam:

  1. Di bidang elektronik, bahan ini dikemas dalam kotak kecil untuk dimasukkan ke wadah produk elektronik. Fungsinya agar barang elektronik tidak lembab sehingga tidak terjadi konslet atau penurunan kualitas secara umum.
  2. Di bidang kerajinan, bahan ini digunakan sebagai pencegah kelembaban pada kerajinan yang ukurannya kecil. Ketika kelembaban dalam wadah menurun, maka kerajinan tak akan ditumbuhi jamur.
  3. Di bidang kesehatan sebagai anti kelembaban di berbagai perlengkapan medis.
  4. Di bidang kepustakaan untuk menjaga berbagai dokumen agar tidak lembab.
  5. Di bidang tekstil untuk menjaga produk tekstil tidak lembab dan berjamur.

Selain itu bahan ini juga bisa dipakai sebagai food preservartion alias pengawet makanan lho. Kok bisa? Apa penggunaan silikon dioksida aman untuk bahan makanan?

alterntif text

Pengawet Makanan Antijamur Silica Natural

Penggunaan silica di industri makanan sebetulnya sudah lama diterapkan. Silica pada prinsipnya akan berlaku sebagai anti kelembaban. Hal ini dikarenakan sifat silicon dioksida yang mampu menyerap molekul air di udara.

Dengan sifat anti kelembaban ini, maka makanan pun tidak akan rusak. Makanan tidak mudah berjamur, sebab kelembaban yang tinggi hampir selalu membuat berbagai bahan makanan (baik yang mentah ataupun jadi) rusak karena serangan jamur.

Tentu saja tidak semua makanan bisa diawetkan menggunakan silica. Makanan cair seperti sup dan sejenisnya tidak bisa diawetkan menggunakan silicon dioksida.

Mengenai keamanannya, Anda tak perlu khawatir. Anda hanya harus menghindari beberapa silica sintetis yang tidak aman seperti silica biru. Dan sebaliknya, usahakanlah untuk menggunakan silica yang natural seperti silica alami Bio Industries.

Manfaat Lain Menggunakan Pengawet Makanan Antijamur Silica Natural

Selain sebagai antijamur, ternyata silica juga bisa digunakan sebagai anti caking. Anti caking sangat diperlukan untuk makanan yang berbentuk bubuk.

Misalnya begini. Anda hendak mengirim bubuk bahan makanan ke suatu daerah. Namun proses pengirimannya memakan waktu yang lama. Dan ternyata kondisi selama pengiriman sangat lembab. Akibatnya, bubuk tersebut akan menggumpal. Dan tentu saja hal ini akan menyulitkan pemakaian bubuk tersebut. Kualitas bubuk juga akan menurun.

Pemakaian silica bisa mengatasi persoalan ini. Silica yang mampu menurunkan kelembaban dalam udara akan menurunkan resiko produk menggumpal bahkan mencegahnya sama sekali.

Cara Menggunakan Pengawet Makanan Antijamur Silica Natural

Lantas bagaimana cara menggunakan silica antijamur dan anti caking untuk makanan? Jawabannya sederhana saja.

Pernahkah Anda membeli kue lapis legit yang dijual di toko-toko? Sering, pada ujung kemasan kue tersebut terdapat silica natural. Demikian juga pada toples berisi camilan kering. Silica pun sering digunakan. Dan memang demikian cara penggunaannya yang sederhana. Hanya saja, sekali lagi, bahan ini jelas tak bisa dipakai pada makanan basah ataupun minuman.

Untuk Antikelembaban Kontainer dan Ruangan, Gunakan Produk lain

Di atas, sudah dijelaskan mengenai pengawet makanan antijamur silica. Tapi pada beberapa kasus, ternyata silica tak bisa diandalkan lho. Misalnya saja saat Anda hendak mengirim bahan makanan yang ukurannya besar.

Dalam kondisi tersebut, Anda tidak bisa mengemas bahan makanan dalam wadah yang kecil. Kalaupun digunakan wadah, ukurannya besar-besar dan desainnya seperti peti kemas yang tak tertutup rapat.

Lantas kalau bukan silica bahan apa yang bisa dipakai? Sebab bahan makanan dengan ukuran besar pun rentan mengalami kerusakan akibat serangan jamur.

container desiccant pole

Untuk kondisi seperti ini sebaiknya digunakan saja penyerap kelembaban berskala ruangan. Misalnya container desiccant. Sebagaimana namanya, bahan ini adalah penyerap kelembaban untuk ruangan sebesar container. Anda pun bisa menggunakannya untuk memastikan bahan makanan tidak lembab ataupun berjamur saat dikirim via container atau disimpan di gudang-gudang ruangan.

Pesan Silica Natural di Sini!

Kami sedia pengawet makanan antijamur silica natural. Kami juga menyediakan container desiccant sebagai penyerap kelembaban dalam ruangan. Keduanya bisa Anda beli di antijamur.net secara langsung. Caranya dengan menghubungi nomor CS kami lewat kontak yang telah disediakan.

Atau, Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point dan agen-agen kami. Bio Service Point berlokasi di Yogya, Cirebon, dan Jepara. Sedangkan CS kami tersebar di beberapa kota di Indonesia. Silahkan kontak lebih lanjut untuk informasi alamat agen kami.

Jual Silica Gel

contoh penggunaan silica gel food grade untuk makanan

Oh, ya, pembelian di online shop juga bisa dilakukan. Anda bisa mendapatkan produk ini di berbagai marketplace dari Tokopedia, Blibli, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Simpulan

Apa yang dapat kita simpulkan dari penjelasan di atas?

  1. Industri makanan adalah salah satu industri terbesar dan tertua di dunia.
  2. Industri makanan senantiasa berkembang sesuai perubahan zaman.
  3. Berbagai inovasi diwujudkan. Salah satunya inovasi bahan pengawet antijamur Silica Natural.
  4. Silika sebetulnya banyak sekali terdapat di alam. Namun dalam bidang industri, selain silica natural terdapat juga silica sintetis.
  5. Untuk kebutuhan pengawet makanan, sebaiknya Anda memakai silica natural dari kami, yakni silica natural Bio Industries.

Nah, kurang lebih itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai pengawet makanan antijamur silica natural. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antijamur.net.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!