Wow, Ini Cara Maksimalkan Peluang Usaha Mebel!

Bagaimana sebetulnya peluang usaha mebel? Apakah usaha ini cukup prospektif untuk ditekuni?

Industri furniture memiliki daya tarik tersendiri. Bagi kebanyakan orang, membangun usaha di industri ini cukup feasible dibanding membangun usaha di industri yang lain. Pertama, karena contoh kesuksesannya mudah diperoleh di sana-sini. Dan kedua, karena usaha ini pun lebih mudah dilakukan bahkan dengan perlengkapan ala kadarnya. Lihat saja sekeliling kita. Di dunia maya, ada banyak kisah pengusaha mebel yang sukses diceritakan. Sedangkan di tempat tinggal kita, tak sedikit orang yang membangun usaha furniturenya dengan modal yang sangat seadanya. Bahkan ada yang membangun usaha ini dengan dana kurang dari 10 juta.

Secara nasional, industri furniture memang menempati salah satu industri yang memberikan kontribusi besar. Tahukah Anda bahwa:

  1. Industri ini menjadi salah satu andalan Indonesia di mata dunia?
  2. Industri ini mampu menyerap banyak tenaga kerja?
  3. Industri ini mampu menyerap SDA berupa kayu dan bahan alam menjadi produk dengan nilai jual lebih tinggi?

Di tingkat globel, industri mebel kita memang masih kalah dibanding Tiongkok. Bahkan Indonesia pun masih kalah dengan Malaysia. Akan tetapi, kita memiliki potensi besar yang bisa dikembangkan. Apalagi bila pemerintah mendukung dengan berbagai kebijakannya.

Apakah Usaha Mebel Prospektif?

Ya, secara umum usaha mebel cukup prospektif. Sebagaimana disebut di atas, industri furniture bahkan memiliki tempat tersendiri bagi negara Indonesia. Namun, kesuksesan usaha Anda nantinya sudah barang tentu tergantung pada usaha yang Anda lakukan. Seberapa Anda berusaha dan strategi apa yang Anda terapkan tentunya memengaruhi kesuksesan tersebut.

Mengenai peluang usaha mebel sendiri, saat ini cukup terbuka lebar. Apalagi, kini Anda bisa menjual dan memasarkan produk Anda secara online. Dengan demikian, jalan yang ada lebih terbuka lebar untuk Anda. Meski, sekali lagi, kesuksesan Anda pada akhirnya Andalah yang menentukan sendiri. Banyak hal tentunya perlu dilakukan. Dan kali ini, di antijamur.net, kami akan membagikan tips supaya Anda bisa mengoptimalkan peluang usaha yang ada.

Cara Memaksimalkan Peluang Usaha Mebel

Lakukan Analisis

Pertama-tama, lakukan analisis secara cermat, tepat, dan profesional. Analisis bukan hanya perlu dilakukan sebagai langkah awal dalam membangun usaha mebel, lho. Analisis pun perlu dilakukan secara berkelanjutan dalam menjalankan usaha furniture terkait. Sebab apa? Karena kondisi pasar selalu berubah. Jadi, analisis yang lama tak akan bisa diterapkan secara terus menerus.

Beberapa model analisis bisa diterapkan. Misalnya analisis SWOT. SWOT adalah kependekan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Analisis ini akan memandu Anda untuk mengenali keunggulan usaha Anda, kelemahannya, peluang di pasar, sampai berbagai ancaman atau threat. Kesuksesan analisis ini dipengaruhi kemampuan Anda mengumpulkan data dan membangun asumsi-asumsi yang akurat. Sebagai contoh, Anda mungkin mendapatkan data peningkatan mebel desain shabby. Lantas, Anda membuat mebel dengan tema tersebut. Padahal, mebel desain shabby baru disukai masyarakat urban. Sehingga usaha Anda yang pemasarannya di desa akan kesulitan mendapat untung dengan mengikuti trend tersebut.

Modal dan Lokasi

Hal kedua yang perlu dilakukan supaya peluang usaha mebel online lebih sukses adalah dengan memerhatikan masalah modal dan lokasi. Masalah modal ini memang sering menjadi polemik tersendiri bagi mereka yang baru ingin membangun usahanya. Beragam ide menarik tak akan bisa terealisasi apabila tidak ada modal atau modalnya kurang. Pun begitu masalah lokasi yang ternyata tak bisa dianggap sepele. Karenanya, dua hal ini jangan diabaikan. Temukan jalan alternatif. Contoh, untuk mengumpulkan modal, Anda bisa membangun dulu usaha yang kecil atau meminjam di bank. Buatlah proposal usaha furniture yang menjanjikan yang membuat peminjam yakin akan kemampuan Anda.

Jenis Produk

Anda harus membuat mebel dengan ciri yang kuat atau membuat mebel yang benar-benar sesuai trend pasar. Pilihan pertama akan membuat mebel Anda mudah dikenali oleh pembeli dan masyarakat secara umum. Produk Anda akan jadi menonjol dibanding yang lain. Contohnya saja dengan membuat mebel vintage. Saat ini, peluang usaha mebel vintage memang menjanjikan karena punya pangsa pasar tersendiri. Namun demikian, bila Anda mengambil jalan ini, Anda hanya memiliki pasar yang segmented atau terbatas. Nah, apabila Anda ingin menarget pasar yang lebih luas, misalnya kebutuhan rumah tangga masyarakat secara umum, ikutilah trend desain mebel yang disukai masyarakat.

Ikut Komunitas dan Berbagai Event

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan peluang usaha mebel adalah dengan mengikuti komunitas terkait serta event-event yang diadakan. Jangan salah, ada sangat banyak manfaat lho dengan bergabung pada komunitas seprofesi dengan Anda. Tak sekadar menambah jaringan, mengikuti komunitas yang terkait juga akan membuat Anda update dengan berbagai informasi terkini, kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah, sampai melakukan koordinasi apabila ada hal-hal yang dianggap menjadi rintangan. Demikian pula dengan mengikuti berbagai event. Pada berbagai event tersebut, Anda bisa mempromosikan usaha Anda dan memperluas jaringan Anda sebanyak-banyaknya. Namun, pastikan event tersebut memang produktif. Jangan sekadar mengikuti event yang arahnya tidak jelas secara terus-menerus.

Peluang Usaha Mebel

Online

Saat ini adalah eranya dunia digital. Transaksi belanja sudah banyak dilakukan lewat media-media online di toko daring. Kita mengenail tokopedia, bukalapak, shopee, dan masih banyak lagi. Media ini sudah pasti mengubah gaya hidup masyarakat. Dulu, misalnya, orang yang ingin belanja mebel pasti langsung menuju toko mebel terdekat. Namun kini, banyak orang yang searching dulu di dunia maya. Bahkan mulai banyak yang membeli pun di dunia maya. Makanya, jangan sampai mengabaikan fenomena yang makin digital dewasa ini. Jangan sampai Anda tertinggal dari yang lain dan malah merugi karena tidak siap. Anda bisa mulai membuat website perusahaan sekaligus menjual produk di toko daring.

Tingkatkan Terus Mutu Produk

Terakhir, untuk memaksimalkan peluang usaha mebel, tingkatkan terus kualitas atau mutu produk Anda. Perhatikan berbagai aspek yang harus benar-benar baik. Misalnya masalah kualitas finishing dan keawetan produk. Untuk finishing, ada baiknya menggunakan finishing water based yang bukan hanya lebih baik namun juga lebih environmentally friendly. Adapun, untuk meningkatkan keawetan mebel, gunakanlah produk pengawet seperti BioCide. Di antijamur.net, kami menyediakan produk antijamur yang bisa digunakan untuk mengawetkan produk mebel. Keduanya adalah BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative. Silahkan hubungi CS kami lebih lanjut untuk informasi lengkap dan cara pemesanan kedua produk ini.

Biocide Sfp

Nah, seperti itulah poin-poin penting yang bisa kami bagikan mengenai peluang usaha mebel dan bagaimana cara mengoptimalkannya. Selalu ada peluang di era pasar bebas seperti ini. Anda hanya harus bisa menerapkan strategi yang tepat dan juga cermat.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antijamur.net..

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.